MENU
icon label
image label
blacklogo

Menjajal Mercedes-Benz C300 Final Edition, Hati-Hati dengan Tenaganya

JUN 28, 2021@14:25 WIB | 227 Views

Puas dengan melihat desain eksterior dan interior ala AMG-nya, kini saatnya kita melibas jalanan ibukota dengan Saloon mewah satu ini. seperti biasa, Mercedes-Benz satu ini tak luput dari posisi setirnya yang sedikit ke kiri letaknya. Namun, tidak apalah dibandingkan dengan build quality dan nyamannya posisi duduk yang dirasakan, AC super dingin hingga alunan melody dari sound system burmesternya.

Ketika dinyalakan, jujur suara mesin yang dihasilkan malah mirip mesin diesel, bukan bensin. Faktor utamanya adalah mesin yang digunakan 2.0L Turbo empat silinder, yang mungkin membuat mesinnya tidak sehalus model lain ketika dinyalakan. Namun, ada sisi menariknya karena ketika menarik gas, saloon ini seakan-akan tidak mampu menahan derungan mesin hingga membuat mobil ‘bergoyang’. Menarik.

Perlu diperhatikan bahwa bahan bakar yang direkomendasikan yaitu RON 95 dan lebih baiknya menggunakan RON 98 sekelas Pertamax Turbo [bukan iklan]. Karena memang dipakai selama weekend, maka mobil ini digunakan untuk aktivitas harian, seperti mengantar keluarga bekerja hingga keliling Jakarta. Tarikan awal mobil meskipun dalam mode Eco, masih terasa responsif meskipun tenaganya sedikit demi sedikit keluarnya. Namun, ketika di mode ini dilakukan kickdown ada jeda 1-1.5 detik untuk mobil mengeluarkan tenaga aslinya.

Namun untuk yang suka kecepatan, lebih baik menggunakan mode berkendara sport+. Tenaga yang dikeluarkan tentunya lebih responsif lagi, tanpa melakukan kickdown untuk mengeluarkan tenaga. Hal ini dikarenakan perpindahan gigi dari transmisi 9G Tronic yang dimiliki lebih ‘kasar’ alias lebih cepat ketika diperlukan. Sungguh, jika kalian tidak berpengalaman dalam mengendarai mobil ‘Hi-Speed’, jangan coba-coba menggunakan mode yang satu ini.

Hal yang unik ketika kami menggunakan mobil ini adalah, meningkatnya prestise diri. Kami membawa mobil ini ke sebuah Condominium di daerah Jakarta Selatan, untuk melihat model ruangan dan pricelist Condominium tersbut. Dan tanpa diduga setelah sampai di lobby, pintu sebuah C300 ini dibuka oleh pihak Condominium, begitu pula ketika kami pamit. Luar biasa ‘pengaruh’ yang ditimbulkan sebuah Saloon Jerman satu ini.

Untuk sektor keamanan, Mercedes-Benz sudah jauh mengantisipasi tentunya hal ini. Ada Cruise control, Adaptive brake lights, 360° camera, Adaptive Highbeam Assist Plus, MULTIBEAM LED headlamps, Active Parking Assist with PARKTRONIC, Blind Spot Assist, Active Brake Assist, Kneebag, PRE-SAFE® system, Active Lane Keeping Assist, hingga Tyre pressure monitoring system. Sehingga lebih aman ketika berkendara. Namun, patut diingat jika dalam berkendara haruslah dalam keadaan aman, jangan ngebut apalagi ugal-ugalan.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
menjajal mercedes-benz c300 final edition hati-hati dengan tenaganya,
#
mercedes-benz c300 final edition