MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: F1 Adakan Balapan di Mugello, Valentino Rossi ‘Cemburu’

SEP 14, 2020@08:00 WIB | 219 Views

Sang jara dunia MotoGP tujuh kali, Valentino Rossi, mengatakan dia ‘sangat cemburu’ Formula 1 akan balapan di sirkuit Mugello akhir pekan ini dan yakin semua pembalap ‘akan menikmati’ pengalaman itu.

Grand Prix Tuscan akhir pekan ini menandai pertama kalinya balapan F1 di sirkuit Mugello, yang telah menjadi tuan rumah Grand Prix Italia penuh waktu sejak 1994. Namun, karena pandemi Covid-19, MotoGP harus membatalkan rencana balapan di Mugello tahun ini.

Rossi pernah menguji mobil Ferrari F1 selama dua hari di Mugello pada tahun 2008 dan menyebut pengalaman itu ‘luar biasa’, sambil menyoroti jalan menurun di kiri kanan Casanova/Savelli di Turn 6 dan 7, dan dua hander kanan Arrabiata yang memberi sensasi berbeda dengan mengemudikan mobil F1.

"Saya sangat cemburu terutama karena kami tidak pergi, kami tidak balapan di Mugello tahun ini," kata Rossi ketika ditanya terkait kunjungan pertama F1 ke Mugello. "Bagi saya dan banyak pembalap, ini salah satu trek terbaik di dunia dengan sepeda motor, dan juga dengan mobil.

"Saya mengemudikan (mobil) Ferrari Formula 1 dua kali di Mugello dan itu luar biasa. Suatu kali dengan trek basah, rasanya berbeda terutama Casanova/Savelli, Arrabbiata 1, Arrabbiata 2.

"Di Arrabbiata 2, Anda bisa melaju dengan kecepatan 275 km/jam, dan itu benar-benar sensasi berbeda dibandingkan dengan motor MotoGP. Saya pikir mereka akan menikmatinya, dan saya sangat penasaran untuk mengikuti Formula 1 pada hari Minggu.

"Saya pikir treknya agak sempit untuk mobil-mobil yang sangat besar. Tapi semua orang akan sangat menikmati Mugello."

Rossi menguji mobil Ferrari F1 semi-reguler pada pertengahan akhir 2000-an, menyelesaikan uji coba grup di Valencia pada 2006 dengan pembalap F1 saat itu.

Beberapa kali tergoda beralih ke F1 secara penuh waktu, Rossi akhirnya berkomitmen untuk MotoGP, dengan uji coba bersama Ferrari terakhirnya terjadi di Catalunya pada 2010 dengan mobil 2008 dan ban GP2.

Rossi kembali ke kokpit Formula 1 pada Desember lalu ketika ia mengemudikan mobil Mercedes 2017 di Sirkuit Ricardo Tormo dekat Valencia, sementara pembalap Inggris itu mencicipi mesin MotoGP pertamanya di M1. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
valentino rossi,
#
f1 2020,
#
sirkuit mugello,
#
grand prix tuscan