MENU
icon label
image label
blacklogo

Cybertruck Debut! Apakah Sesuai Dengan Yang Tesla Janjikan?

DEC 01, 2023@15:52 WIB | 182 Views

Akhirnya, the future is here! Truk listrik masa depan Tesla, Cybertruck, resmi menjalani debutnya di 30 November. Penantian panjang selama 4 tahun sejak konsep Cybertruck dikenalkan secara luas dan sejumlah penundaan akhirnya terbayarkan.

Untuk menyambut keluarnya Tesla jalur produksi, perusahaan membuat sebuah event besar yang juga sekaligus merayakan pengiriman pertama Cybertruck.

Euforia meyambut Cybertruck memang wajar, tapi kita tetap harus melihat secara rasional apakah truk ini sehebat yang diklaim Elon Musk. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan menyamakan klaim tersebut dengan keadaan sekarang Cybertruck.

Elon saat itu menjanjikan jangkauan yang luas, performa besar, dan harga yang relatif murah.

Pertama, jangkauan, jaraknya sedikit berbeda dibandingkan tahun 2019. Model jarak terjauh yang saat ini terdaftar adalah versi motor ganda dengan perkiraan 340 mil. 

Anehnya, Cyberbeast berada di belakangnya pada jarak 320 mil meskipun ada peningkatan kekuatan yang signifikan. Truk bermesin tunggal menunjukkan perkiraan jangkauan 250 mil.

Bicara performa, Cybertruck tahun 2019, akan tersedia dalam format motor tunggal, ganda, dan tiga motor. Output tenaga spesifik tidak disebutkan saat itu, namun angka 800 hp untuk kemungkinan trim Plaid dikabarkan ada. 

Performa maksimalnya dipatok pada 2,9 detik untuk sprint hingga 60 mph, dengan waktu seperempat mil yang diklaim 10,8 detik. Sedangkan untuk jangkauan, konsep Cybertruck 2019 mengklaim 250 mil untuk trim dasar, dengan opsi jarak menengah 300 mil dan truk jarak jauh 500 mil.

Sementara versi produksi memiliki tenaga 845 hp yang tersedia di Cyberbeast, perusahaan mengklaim waktu 0-60 mph dalam 2,6 detik dan waktu seperempat mil kurang dari 11 detik. Truk bermesin ganda 600 hp sedikit lebih lambat, mencapai 60 mph dalam 4,1 detik.

Di sektor Ini Tesla berhasil membuat versi produksi melampaui dari versi konsepnya.

Lalu untuk harganya, mungkin pembaca sudah tahu karena Musk mengatakan Cybertruck akan dijual dengan harga mulai dari $39.900. Hal itu jelas tidak terjadi saat ini, begitu pula MSRP yang mencapai $69.900 untuk truk tri-motor.

Sementara versi produksi Cybertruck motor tunggal dasar akan dijual mulai dari $60.990,. Truk AWD bermesin ganda jauh lebih mahal, mulai dari $79.990. Dan seperti yang Anda harapkan, Cyberbeast kelas atas adalah trim termahal dengan MSRP $99.990.

Ketidaksesuaian antara janji dan realita dari Cybertruck jangan disepelekan karena itu mencerminkan integritasdan kapabilitas perusahaan tersebut terutama sang Boss besar, Elon Musk. 

Apalagi masalah tetap ada walaupun Cybertruck sudah resmi lahir. Paling utama adalah pengiriman dan juga kasus apakah mampu melayani pemesanan dengan 2 juta pembeli.

Well, untuk meredam kemarahan calon pemilik, Elon Tesla juga mencantumkan jaminan untuk Cybertruck. Garansi dasar kendaraan mencakup empat tahun atau 50.000 mil, sedangkan baterai dan unit penggerak tetap dalam garansi selama delapan tahun atau 150.000 mil. Garansi ini berlaku untuk model AWD dan Cyberbeast, tanpa rincian yang diungkapkan untuk RWD. [wic/timBX]

Tags :

#
tesla,
#
cybertruck