MENU
icon label
image label
blacklogo

Coupe EV dari Mazda Bakal Unjuk Gigi di Tokyo Auto Show 2019

OCT 19, 2019@12:00 WIB | 173 Views

Mazda mempersiapkan sebuah SUV bertenaga murni listrik untuk pagelaran Tokyo Motor Show 2019. Sebuah teaser menandakan komitmen Mazda akan unveiling tersebut, sekaligus menjadi lineup Mazda bertarung  di segmen electric vehicle.  Sejatinya secara  prototype telah diujikan pada versi model yang ada,  CX30, itupun untuk menghindari sorotan publik atau media agar tidak  mudah diendus kemunculannya. 

Keputusan Mazda memang tidak terlalu jauh dari tren global,  dimana SUV dan sedan mendominasi pasar global.  Namun bila dicermati,  teaser yang beredar lebih ke gaya coupe dengan gaya pintu yang baru.  Basic platform yang digunakan menggunakan skyactiv-vehicle architecture, seperti  yang digunakan oleh Mazda 3 terbaru dan bukan desain EV secara khusus. 

Dengan basic CX-30, lebih memenuhi kapasitas baterai 35,5 kW, untuk menggerakkan motor listrik tunggal dengan daya 142 hp dan torsi 192 nm.  Dengan stiker khusus Mazda e-TPV, tahun 2017 silam informasi menyebutkan bahwa Mazda bekerjasama dengan Toyota untuk pengembangan teknologi EV.  Namun Mazda sendiri tidak berhenti dengan kerjasama yang ada,  namun lebih dikembangkan secara ekslusif.  

Informasi tersebut kami lansir dari laman motorauthority. com,  dimana kelanjutannya akan diluncurkan dalam dua versi.  Pertama dengan powertrain dan baterai listrik,  dan kedua dengan extended range powertrain dengan range yang paling mungkin menggunakan small rotary engine yang  Mazda lebih punya pengalaman banyak disitu.  Untuk versi extended range bakal dimunculkan pada bulan November  di Los Angeles Autoshow. 

Menurut catatan historinya,  Mazda telah mempersiapkan EV Concept dengan rotary engine pada Mazda 2 RE Range Extender yang dirilis pada 2013. Yang dimaksud mesin rotary yang kecil adalah sebuah single rotor berukuran 0.33 liter dengan tangki penuh mampu melahap jarak hingga 111 miles. Basic tersebut yang kemudian akan dikembangkan pada EV baru Mazda. 

Penjualan electric SUV ini bakal dimulai tahun  2020, meski Mazda belum menentukan market tersebut ke publik.  Tokyo Auto Show akan dimulai 23 Oktober dan berbagai manufaktur akan meluncurkan mobil terbarunya. [Ahs/timBX]

Tags :

#
tokyo auto show,
#
mazda coupe,
#
mazda ev,
#
rotary engine