MENU
icon label
image label
blacklogo

BMW ER80 Karya Luuc Muis Usung Gaya Retro Elektrik

FEB 08, 2019@16:00 WIB | 795 Views

Masa depan teknologi motor listrik masih menjadi bagian yang cukup menarik terutama disisi efisiensi dan kinerja. Manufaktur ada yang menawarkan konsep, namun ada juga diluar manufaktur, seperti seorang desainer yang benar-benar mendesain sendiri motor elektriknya.  BMW R80 yang cukup terkenal di era-nya, ditangan Luuc Muis BMW R80 telah mengalami modifikasi dengan sentuhan mesin yang benar-benar electric. Muis menyebutnya sebagai ER80, mewakili varian elektriknya.

Seperti yang kita ketahui, R80 memang diproduksi di tahun 1980-an, yang saat itu menyematkan nama R80G/S, sebagai model pertama BMW GS generasi pertama. Banyak kalangan menyebutnya sebagai motor adventure pertama bagi BMW.  Tapi bagi kalangan desainer, konotasi adventure sering kali mengarah keapda gaya custom café racer dengan desain yang lebih sederhana dan sentuhan retro klasiknya yang menawan.

Perbedaannya cukup jelas, R80 menggunakan mesin boxer. Namun untuk ER80 ini menggunakan unit E-Drive electric menghasilkan daya 5 kilowatt. Meski terlihat jauh dari kesempurnaan, ER80 masih sebatas konsep, dengan kursi yang minimalis front end, menghilangkan ekor dan tambahan beberapa tombol saklar pada tangki dan sebuah charging port.

Luuc Muis dilaman thedrive.com. menuturkan bahwa konsep yang ia bangun lebih mengambil pendekatan emosional terhadap motor yang dirancang.  Dia menekankan desain yang eye catching untuk semua indera manusia. Termasuk didalamnya, bagaimana sebuah motor listrik  memiliki suara yang khas, artinya saat bergerak dijalan diikuti dengan suara bergantung akselerasinya. Termasuk saat ada part yang rusak, bisa terdengar dari suaranya, agar tidak menghilangkan pengalaman menggunakan sepeda motor.

Lebih jauh, Luuc Muis melawan tren e-bikes yang tidak menggunakan transmisi. Transmisi manual tetap digunakan, seperti yang dilakukan oleh Victory Empulse TT. Perpindahan gigi, menurutnya merupakan bagian penting dari pengalaman motor electric, yang tidak boleh hilang meski sepeda elektrik banyak mendominasi market.

Konsep BMW ER80 mengusung gaya retro modern dengan cara gaya desain paling keren. Desain yang diajukan tetap memenuhi nilai artistic dan mekanis namun dengan packaging yang cukup progresif. [Ahs/timBX]

Tags :

#
bwm er80,
#
electric motorcycle,
#
luuc muis,
#
retro classic