MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Ninja 250 - Mengukir Kecintaan pada Klub Bola Diatas Motor Scrambler

MAR 06, 2018@14:00 WIB | 7,210 Views

Menuangkan sebuah ide sekecil apapun lewat modifikasi pasti  memberikan kepuasan yang berharga. Hal ini lah yang mengawali niat seorang klien Bengkel Street Art Custom (SAC) yang ingin mengubah motor Kawasaki 250 sportnya menjadi motor  Scrambler yang unik.

Kecintaannya pada klub AC Milan membuat motor berkelir merah ini tampil keren dengan perubahan yang cukup ektrim mulai dari bagian rangka bodi hingga tambahan part-part aksesoris yang membuat DNA Scrambler-nya semakin kuat.

Robby sang punggawa Street Art Custom mengaku ide garapan motor ini secara total adalah ide semua crew Street Art yang mengakomodir permintaan klien untuk melabur motor ini dean warna klub kecintaannya.

"Jadi motor ini, basic-nya dari Kawasaki Ninja 250. Idenya dari kita semua. Dia (pemilik-red) serahkan semua konsep ke kita. Hanya warnanya yang akan ia tentukan," kata Robby pada Tim BX.

Baginya dan tim, motor ini tidak dibangun dengan konsep khusus, hanya saja semua ide yang ada dalam kepala mereka benar-benar mereka tuangkan pada motor ini. Karena Ninja 250 ini merupakan model full fairing, maka semua bagian bodi dan baju bawaanya dilepas termasuk kaki-kakinya ikut diubah.

Pengerjaan teknis dimulai dengan hal yang cukup ekstrim dengan memotong sebagian rangka bagian atas untuk menjadi penyangga tangki yang cocok dengan karakter Scrambler.

"Jadi rangka atas bagian tengah sampai belakang kita buang. Kita potong sekitar 60-75 cm dan kemudian kita ganti dengan ukuran yang sama 60-75 cm dengan penyambungan manual," jelasnya.

Hal yang tak kalah ekstrim yang juga disentuh Street Art adalah mengubah shock breaker bawaan Ninja 250. Bila sebelumnya shock breaker belakang adalah monoshock, maka mereka menggantinya dengan memberikannya shock breaker dualshock. Demikian juga dibagian suspensi depan memakai milik Yamaha Xabre.

Untuk prosesnya sendiri, menurut Robby, dia harus harus membuat dudukan suspensi depan Yamaha Xabre agar ngepas komstirnya dan nyaman ketika dikendarai. "Prosesnya cukup rumit, karena merubah pola mono ke dual shock. Jadi kita harus setting posisinya, tingkat kemiringannya, kita ukur agar presisi dan nyaman ketika dikendarai," ujarnya.

Beralih ke roda, Scrambler ini menggunakan velg Rossi ring 17-300 untuk depan dan ukuran 17-350 untuk belakang yang dipadu dengan ban Shinko 805 ukuran 180/80 didepan dan ukuran 150/70 untuk belakang.

Beberapa part tambahan aksesoris seperti fender belakang dan depan dirubah, variasi lampu sein, spion, hand grip, lampu, hingga stang. Untuk tangkinya sendiri di-custom by Street Art.

Warna merah pada tangki ini memiliki cerita kecintaan sang pemilik pada AC Milan. Karena itu ia meminta agar warna merah dan logo klub I Rossoneri dibubuhkan pada tangki dengan sedikit impovement dari Street Art. Robby mengaku ia sangat menyukai warna motor garapannya karena terlihat sempurna diakhirnya. [Elco/timBX]

Spesifikasi

Mesin                                                   : Kawasaki Ninja 250

Frame                                                   : Custom by SAC

Konsep                                                 :  Urban - Scrambler

Tangki dan tutup                                 : Custom by SAC

Suspensi                                            : Front Yamaha Xabre  Rear : Aftermarket

Jok                                                     : Custom by SAC

Front Light                                         : Aftermarket

Fender Front and Rear                      : Custom by SAC

Side Cover                                         : Custom by SAC

Velg                                                    : Rossi

Ban                                                    : Shinko Big Block

Exhaust                                              : Custom

Tachometer                                       : Aftermarket

Stang dan Handgrip                         : Aftermarket

Tags :

#
auto mods,
#
street art custom,
#
sac,
#
scrambler,
#
kawasaki ninja 250