MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Honda CR-Z 2010 - Meski Kuat, Tapi Tetap Lembut

NOV 18, 2017@18:30 WIB | 5,149 Views

Puas menikmati sajian event yang heboh dan menyenangkan di Final BlackAuto Battle 2017 di Sabuga, Bandung, tak lengkap rasanya kalau tak mengekpsploitasi karya modifikator lokal H2O Bodywork terhadap Honda CRZ Hybrid kreasinya yang sangat mengundang mata. Ubahan yang dilakukan pada CRZ-nya bisa dibilang menyeluruh mulai eksterior, interior dan audio system. Hasilnya mengagumkan.

Dari lahir, walau punya konsep irit bahan bakar berkat teknologi mesin hybrid, namun Honda CR-Z enggak pernah lepas dari aura sportcar. Memang, mesin yang terpasang mungil, hanya berkapasitas 1.500 cc, tapi masih ada tambahan motor listrik bertenaga lebih dari 15 dk untuk bikin badan menempel di jok.

Nah, H2O Bodywork enggak pernah melupakan konsep ini ketika membangun CR-Z tahun 2010 miliknya. Untuk mengoptimalkan sektor aerodinamika serta performa mobil layaknya mobil Super GT Racing Series, menggunakan body kit tambahan berupa sayap belakang, floor baru, desain bumper depan dan belakang, suspensi khusus untuk balap serta ban khusus balap.

Nah penasaran apa saja yang diubah H2O Bodywork, pada Honda CR-Z milik pengusaha asal Tasikmalaya bernama Albara Titan ini? Melihat dari tampilan luar, pesan “Galak” yang ingin disampaikan sangat mudah ditangkap. Ini diterjemahkan lewat peningkatan karakter mobil jalan raya CRZ ke level “Super Speed”, dan konsep utama yang terinspirasi dari tokoh Mahabharata atau pewayangan Jawa yang dikenal kuat, gagah, dan menakutkan bagi musuh tapi berhati lembut, yaitu Bhima.

Titan cukup apik menjelaskan konsep mobil modifikasinya kepada Blackxperience.Tampilan sederhana namun keren ala Honda CR-Z berubah drastis dengan tampilan yang lebih sangar dan segar.

Desain keseluruhan sepertinya sengaja dirancang secara fokus untuk mendapatkan bentuk yang selaras dan harmonis. Antara tema Super GT Racing Series dan bentuk mobil Honda CRZ tersebut. Dengan penambahan beberapa part aero kit berbahan carbon, penampilan dari mobil tersebut menjadi lebih ektrim dan sporty.

Front bumper, rear bumper, dan sideskirt dikustom. Sehingga tampilan ceper jelas sangat terlihat di setiap sudutnya. Begitu juga dengan tampilan penutup mesin yang diubah menggunakan carbon hood.

Tampilan yang lebih keren juga terlihat pada modifikasi sayap karbon GT wing, karbon front splitters, karbon cannard, karbon rear diffuser, karbon side splitters dan kustom over fender. Lebih istimewa lagi juga terlihat perubahan pada bagian pintu yang kini diubah menjadi Vertical Doors, dan Shaved Doors. Sehingga membuat dirinya terlihat begitu garang, dan cepat bak mobil balap, lanjut Titan.

Titan meramunya secara holistik, CR-Z juga mendapat asupan tenaga lebih dari induksi turbo dan sejumlah part aftermarket yang ditanamkan. Maka, jangan berharap Anda memancing kekuatannya yang kini sudah berlipat. “Dari standardnya 130 hp, sekarang pas kita dyno di hasilnya jadi 194 hp,” tuturnya.

Perubahan yang tidak kalah keren juga terlihat pada tampilan penerangan yang juga ikut diubah. Seperti dengan mengkustom projector headlight, HID 6000K H1, Angel eyes, Devil eyes, Day Run Light, LED Roll, Underglow LED.

Untuk menambah kesan street racing, perubahan interior juga dilakukan H2O Bodywork. Dengan mengubah tampilan kursi dengan menggunakan bride carbon racing Sheat, Takata racing sheat belt, dan kustom color interior panel.

Salah satu yang jadi kelebihan dalam instalasi kabin ada pada bagian sistem audio yang terbilang berlebih. Namun, bisa saja justru jadi poin kecil untuk juri yang lebih ingin melihat keselarasan konsep modifikasi full racing.



Tak tanggung-tanggung, H2O Bodywork menghilangkan fungsi kabin belakang yang seharusnya masih tersisa bangku mungil dengan perangkat audio. Khusus yang menghadap depan, sepasang power amplifier Venom 64.4 chanell dan sepasang subwoofer tipe VX1112W 12 inci dari merk yang sama biar bikin suara terdengar menggelegar.

Untuk menjaga suplai listrik tetap stabil, sepasang capasitor bank berkekuatan 6 farrad terpasang di sisi samping. ikut diselipkan Samsung Galaxy Tab, Venom monoblock, serta Ground Zero SPL.

Tidak lupa untuk memperlengkap audio, H2O Bodywork juga ikut menyelipkan Venom Pandora MK II wifi, Venom VX 8 inci speaker, Venom 2 way speaker, TV LED 24 inci, Game Console dan CDJ set. Sehingga perjalanan yang lebih menyenangkan bakal dirasakan siapapun pengendaranya.

Demi kesesuaian tema racing dan sporty, velg Rota 18 inci berkelir orange terpasang di ruang sepakbor. Paduannya, dengan ban Toyo proxess tyres, Tein coilovers, serta APP big brake kit 4 pots. Sentuhan terakhir dilakukan dengan mengusung DC Sport exhaust dan Samco hose. Jadi sekaligus meningkatkan performa kendaraan. [bil/timBX]

Spesifikasi Honda CR-Z 2010

Eksterior : Warna black passion matt, body kit custom, GT wing (touring car), over fender, carbon engine hood, splitter, GT mirror, shark fin, rear diffuser, sistem motorize di pintu, door remote.

Mesin : Turbo intercooler kit, blow off HKS, open filter K&N, piggyback Dastek Unicip Q4, fuel exhaust system dari Austria, oil cap Mugen, radiator cup Blitz, busi Torque Master.

Interior : Bluetooth motorize, jok Bride Carbon custom, custom repainting interior panel, pedal Mugen, tacometer, foot rest aluminium, spion tengah udah black box.

Kaki kaki : Pelek Rota 18 inci (depan) lebar 8,25 dan belakang 10,5, ban Nitto Jepang, rem Ap Racing 6 pot, rotor 330 mm, suspensi Hotbits DT2 special edition 3way, belakang Pasvot AP Racing rotor 280, struttbar Ultra Racing struttbar.

Audio : HD Galaxy tab A, speaker Venom, belakang Grown Zero, Venom 8 in, power 4 channel Venom, monoblock 2600 FS, tv 22 in, playstation PS3, DJ table, motorize tv.

Tags :

#
blackauto battle,
#
bab 2017,
#
auto battle