MENU
icon label
image label
blacklogo

Youtube dan Universal Music Berkolaborasi Remaster 1000 Video Musik

JUN 21, 2019@13:50 WIB | 122 Views

Kita semua suka menikmati kembali video musik klasik dari waktu ke waktu. Namun seperti yang sudah kita ketahui bersama, banyak klip video dari jaman dulu yang jauh dari layak secara kualitas jika dimainkan dengan menggunakan aplikasi pemutar video yang ada sekarang ataupun bahkan melalui media streaming di Youtube. Hal itu sebagian besar dikarenakan klip-klip tersebut dibuat untuk ditonton di TV pada era definisi standar.

YouTube dan Universal Music Group (UMG) tampaknya merasakan hal yang sama. Oleh karenanya kedua perusahaan itu mengumumkan rencana untuk memberikan 1.000 video ikon perawatan remastering penuh hingga pada tahun 2020.

YouTube dan Universal Music Group bekerja bersama untuk melakukan remaster beberapa video musik ikonik sehingga mereka berada dalam kualitas video dan audio tertinggi yang tersedia saat ini. Lebih dari 100 video musik klasik telah di-remaster dan sekarang tersedia di YouTube secara eksklusif. Itu termasuk lagu-lagu dari orang-orang seperti Billy Idol, Janet Jackson, Tom Petty, Beastie Boys, Lady Gaga, Lionel Richie, dan banyak lagi.

"Mulai hari ini, secara eksklusif di YouTube, Anda akan menemukan lebih dari 100 video musik dalam kualitas video dan audio tertinggi yang tersedia, termasuk judul-judul dari Billy Idol, Beastie Boys, Boyz II Men, George Strait, Janet Jackson, Kiss, Lady Antebellum, Lady Gaga, Lionel Richie, Maroon 5, Meat Loaf, No Doubt / Gwen Stefani, Smokey Robinson, The Killers, Tom Petty dan banyak lagi," demikian isi pengumuman YouTube.

Sementara blog resmi YouTube menyatakan bahwa upayanya dengan UMG melibatkan upaya yang tidak mudah dalam menyusun kembali beberapa karya paling penting dalam sejarah format sebelumnya ke standar terbaik yang ada, posting itu tidak menawarkan rincian teknis lainnya tentang bagaimana restorasi sedang dilakukan.

Berdasarkan video yang dirilis sejauh ini, setidaknya dalam beberapa kasus, tampaknya mereka hanya ditingkatkan dan bukan diberikan restorasi penuh dari master asli. Contohnya bisa Anda lihat di video di atas. Tentu saja, memang hanya ada sedikit ruang untuk perubahan yang dapat dilakukan dengan video musik yang dibuat beberapa dekade lalu.

Namun demikian, kita tentu ingin tahu karya musisi mana lagi dari UMG yang akan dibawa ke ranah video HD. Beberapa video musik Queen, mungkin? Blind Melon-No Rain?

[Ard/tim BX]

Tags :

#
youtube,
#
universal music group,
#
youtube remaster video