MENU
icon label
image label
blacklogo

Staycation : Tren Liburan Ala Millenial

DEC 22, 2019@10:05 WIB | 1,013 Views

Liburan memang selalu menjadi saat yang paling dinanti. Angin pantai melambai-lambai, senja kekuningan pelan-pelan menjutai sambil ditemani buih ombak bergantian terurai begitulah rasanya sekelumit serenada yang dibayangkan. Namun bagaimana jika liburan harus terganjal dengan budget terbatas, jadwal penerbangan panjang, jangka waktu yang pendek atau kamu sekedar enggan untuk repot dengan perjalanan yang banyaknya barang yang harus kamu bawa?

Staycation dapat kamu masukkan ke dalam shortlist kamu dalam menyiasati budget, libur, jatah waktu, kemageran namun tetap bisa memanjakan diri di waktu libur.

Lexico by Oxford menyebut bahwa staycation merupakan penggabungan dari dua penggal kata ‘stay’ yang berarti tinggal dan ‘vacation’ yang berarti liburan. Istilah ini mengacu pada sebuah tren yang poluler pada abad ke 21. Ketika itu, orang-orang Amerika sedang terdampak krisis ekonomi namun di sisi lain Mereka tetap ingin menikmati waktu liburnya. Di saat tersebut, waktu kaum muda Amerika khususnya, memilih untuk menghabiskan liburan hanya di dalam negeri, di kota sekitar atau hanya di dalam rumah.  Tidak ada definisi pasti mengenai batas jarak staycation, namun yang pasti, staycation merupakan cara sederhana menikmati waktu libur.

Belakangan di lini masa Instagram berseliweran hashtag#staycation yang disertai dengan foto dan video yang membuat mata ingin segera berlabuh ke sana. Per-Desember 2019 saja, hashtag ini sudah diunggah sebanyak lebih dari tiga juta posts dan didominasi oleh kalangan millenial.

Staycation menawarkan konsep liburan yang ideal bagi kalangan muda milenial. Sebab generasi ini dikenal sebagai generasi serba-instan dan sangat menginginkan sebuah kepraktisan namun tetap dapat dinikmati dan memiliki nilai keseruan tersendiri.

Vacation atau Staycation

Kepraktisan membuat mereka memiliki waktu, dan kesempatan untuk memanjakan diri atau sekedar memperkuat kedekatan sosial baik dengan keluarga maupun dengan teman. Dan tanpa harus pergi jauh dari tempat mereka tinggal atau menginap, staycation memberikan mereka keleluasaan dalam menyiasati pengeluaran.

Berbagai kegiatan bisa kamu lakukan dengan staycation. Buat kamu yang mager dan ingin menghabiskan waktu libur di rumah, membaca novel bisa jadi pilihan yang menarik. Budget yang kamu punya bisa kamu belikan novel yang selama ini ingin kamu baca namun kamu tidak cukup waktu untuk menikmatinya.

Mengunjungi toko buku yang ada di sekitar rumah kamu sambil menilik novel apa saja yang baru terbit akan me-refresh pikiran kita sebelum mulai menikmati bacaan.

Membeli novel melalui situs e-commerce atau lini masa bisa jadi solusi saat kamu benar-benar malas untuk keluar rumah.  Kamu cuma perlu tentukan novelnya, checkout, bayar dan bukumu akan tepat berada di depan rumahmu.

Setelah daftar bacamu lengkap, tambahan camilan dan musik pasti akan membuat staycation-mu semakin menarik.  

Memanjakan diri dengan menonton film bersama-sama juga bisa kamu pilih sebagai kegiatan pengisi waktu libur. Mengunjungi bioskop atau mini theater bersama teman bisa jadi liburan terbaikmu tahun ini. Selain meng-update pilihan film, menonton bersama bisa memperkuat ikatan inner circle-mu. 

Atau kamu hanya ingin di rumah saja? Kamu tetap bisa menonton film kesukaanmu melalui layanan streaming yang kini mulai merambah industri film di Indonesia. Memasak, main games seru atau bermain musik mungkin menjadi selingan menyenangkan di kala bosan menonton film.

Staycation tidak hanya tentang rumah dan sekitarnya. Berwisata kota terdekat juga dapat dijadikan pilihan. Tanpa harus berjalan jauh dari tempat penginapan, kini kamu tetap dapat mengeksplorasi sebuah kota dan keindahannya.

Situs-situs berpergian kini menawarkan paket kegiatan berlibur anti-ribet yang bisa kamu pilih dengan mudah. Kamu bisa memanjakan dirimu dengan pilihan hotel-hotel yang menawarkan lebih dari sekedar tempat singgah untuk istirahat saja. Kini tersebar juga hotel-hotel yang menawarkan paket menginap sekaligus program-program menarik yang dapat kamu ikuti; mulai dari yoga, kegiatan seni, menikmati alunan musik, olahraga luar ruangan, atau sekedar beredam sambil menikmati nuansa sekitar hotel. Sebagai tambahan, kamu juga dapat memanjakan dirimu dengan membaca dan menonton film di tengah kegiatanmu.

Selain kegiatan di tempat menginap, menjejak tempat-tempat menarik dekat hotel dapat kamu lakukan dengan mudah. Kamu bisa menghadiri kegiatan menarik yang ada di sekitar sekaligus kamu juga bisa menjajal makanan makanan yang ada di sekitar penginapan.

Jika kamu menyukai nuansa alam, tak ada salahnya kamu memilih penginapan yang menawarkan pemandangan alam seperti lereng gunung, wisata di dataran tinggi atau penginapan yang berada di tengah pedesaan. Di sana kamu bisa mendamaikan diri kamu sekaigus bisa menikamti kegiatan alam dan kamu juga bisa berinteraksi dengan orang-orang desa dengan segala keramahan dan kesederhanaannya.

Kamu juga bisa mengeksplorasi sisi sejarah dari sebuah kota yang kamu singgahi, bisa berkunjung ke musesum terdekat, situs-situs sejarah hingga peninggalan-peninggalan masa lalu.

Kamu juga dapat menikmati suasana baru dengan mengunjungi galeri seni yang berada di sekitar rumah atau kota tempat kamu menginap, seni sebagai saluran tentu dapat membatumu me-refresh pikiran, ragam pagelaran seni tradisional, jamming di café hingga menikmati galeri seni.

Berbagai tawaran menarik berseliweran di website dan lini masa, mulai dari harga yang sangat bersahabat dengan dompet hingga program yang menawarkan kemewahan liburan. Agar staycation tidak berubah menjadi bencana bahkan berakhir dengan kebosanan, tidak ada salahnya kalau perlu memperhatikan beberapa hal penting.

Buatlah rencana kegiatan Anda selama liburan dan hitung estimasi budget yang diperlukan sebelum memilih tipe dan tempat untuk kamu menikmati liburanmu.

Jika kamu memilih untuk keluar kota, kamu perlu memilih tempat menginap yang sesuai dengan bujet dan memiliki program-program yang menurut kamu sesuai, mulai cek lewat lini masa atau website tentang wisata terdekat dari tempat tinggal atau tempat menginapmu. Dan jika kamu menyukai citarasa lokal, kamu perlu mengintip makanan apa saja yang menjadi ciri khas di kota tersebut.

Sebelum melakukan pembelian, pastikan terlebih dahulu, situs atau lini masa yang Anda kunjungi merupakan lini masa yang terpercaya. Pastikan akomodasi apa saja yang kamu dapatkan dan program-program apa saja yang ditawarkan apakah sesuai dengan keinginanmu.

Pastikan staycation-mu menyenangkan dan tak terlupakan.

Selamat berlibur![agp/hsn/timBX]

Tags :

#
staycation,
#
tren liburan,
#
blacktrend,
#
millenial