MENU
icon label
image label
blacklogo

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, Superhero Asia Pertama MCU

APR 16, 2020@16:25 WIB | 575 Views

Mendengar nama Shang-Chi pastinya sebagian blackpals masih terdengar asing, apalagi saat disejajarkan dengan nama besar super hero Marvel lainya seperti Captain America, Thor, Iron Man, Hulk sampai Black Widow. Akan tetapi, bagi fans fanatik Marvel, khususnya yang mengkoleksi dan membaca komik Marvel, tentu mengenal karakter Shang-Chi. Ya, dialah salah satu superhero Marvel yang berasal dari Asia. Keunikan Shang-Chi adalah ia seorang ahli dalam bela diri kungfu. Mempunyai kemampuan hebat dalam pertarungan jarak dekat dan menjadikannya petarung paling komplit di semesta Marvel.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings dibintangi oleh Simu Liu yang berperan sebagai Shang-Chi, Tony Leung sebagai The Mandarin, Awkwafina dan komedian Ronny Chieng yang peran masih dirahasiakan.

Film ini awalnya dijadwalkan akan rilis pada tanggal 12 Februari 2021, bertepatan dengan Tahun Baru Cina. Namun, lantaran produksi syuting ditunda pada bulan Maret akibat pandemi COVID-19, Marvel menunda perilisan film ini, menunggu sampai 7 Mei 2021. Kendati demikian, tidak ada salahnya blackpals mengenal lebih dalam karakter superhero ini. Yuk kita bedah asal usul dan kehebatannnya.

Superhero satu ini lahir di Provinsi Hunan, tepatnya di Yang Yin, sebuah desa kecil yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan, daerah ini bukanlah desa asli asal Tiongkok. “Shang-Chi” dalam bahasa Tiongkok berarti “Kebangkitan dan Kemajuan Jiwa”. Diciptakan oleh Steve Englehart dan Jim Starlin pada 1973, Shang-Chi diceritakan menghabiskan sebagian besar masa kecilnya dengan berlatih keras demi menjadi jagoan kungfu.

Shang Chi dibesarkan untuk menjadi seorang pembunuh yang mematikan oleh ayahnya, seorang penguasa kejahatan sekaligus penyihir yang bernama Fu Manchu. Namun akhirnya Shang Chi menyadari kejahatan ayahnya, kemudian dia mulai memberantas kejahatan dan bersekutu dengan musuh ayahnya yaitu Denis Nayland Smith. Perjalanannya ini membawanya bertemu dengan sejumlah ahli bela diri dan pahlawan super lain di seluruh dunia. Sang-Chi bertemu dengan rivalnya dan bekerja sama dengan Iron Fist, Jack of Hearts dan White Tiger untuk memberantas  organisasi kejahatan.

Tidak seperti karakter Marvel lainnya, Shang-Chi tidak memiliki kemampuan superpower apapun. Namun ia sangat ahli dalam segala bentuk pertempuran bersenjata maupun pertarungan tangan kosong.

Penguasaan chi atau tenaga dalamnya membuat dirinya bisa melampaui batas fisik manusia normal. Sang-Chi tidak memiliki kekuatan sihir atau magic, tidak memiliki peralatan seperti tangan besi atau memiliki kulit yang kebal terhadap peluru. Dia hanya sangat luar biasa dengan seni bela diri yang dipelajarinya. Shang Chi pun telah melatih tubuhnya untuk memiliki tingkat kekuatan, kecepatan, stamina dan daya tahan untuk mencapai level tertinggi yang dapat dimiliki manusia biasa. Satu hal yang paling menonjol darinya adalah kecepatan dan staminanya. Dirinya bereaksi cukup cepat untuk menghindari tembakan dan bahkan menangkap senjata yang dilemparkan musuh ke arahnya dan melemparkannya kembali ke arah mereka.

Shang Chi juga seorang penembak jitu yang mampu melemparkan senjata jarak jauh seperti shuriken dengan akurasi yang sempurna. Dirinya juga sangat terampil dengan semua persenjataan seni bela diri seperti pedang bermata dua dan semua senjata bela diri. Namun baru-baru ini dalam komik dia memperoleh kekuatan baru. Kekuatan yang bisa membuat dirinya untuk menduplikat dirinya sendiri sehingga mampu untuk melawan musuh yang banyak secara sekaligus, tetapi kemampuan ini belum diketahui apakah akan diadaptasi di project MCU yang sedang dikerjakan.

Nah, bagaimana blackpals, tentu ini membuat para pencinta semesta Marvel mendapatkan sosok baru setelah puas dengan tokoh seperti Iron Man, Thor, Hulk, Captain America sampai Black widow dengan kemampuan dewa, manusia super dan peralatan super canggihnya. Semoga film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings bisa menampilkan adegan-adegan seru khas film Kung-fu dengan rasa khas film Marvel itu sendiri. Jadi Makin penasarankan! [and/asl/timBX]

Tags :

#
shang-chi and the legend of the ten rings,
#
superhero asia,
#
super hero marvel,
#
shang-chi

RELATED ARTICLE