MENU
icon label
image label
blacklogo

Rekomendasi 6 Film Buat Meningkatkan Mental Health Awareness

FEB 24, 2020@17:35 WIB | 471 Views

Anda tertarik dengan dunia psikologi? Enggak harus jadi sarjana psikologi untuk bisa mengerti dan menyadari kesehatan mental seseorang. Cukup dengan peka, peduli, dan empati, Anda sudah bisa membantu mereka. Apalagi ketika ada orang terdekat yang sedang mengalaminya, jangan ragu untuk segera ajak ke ahlinya supaya mendapat bantuan lebih lanjut sebelum terlambat.

Nah, berikut ini beberapa film yang bisa buat meningkatkan pengetahuan Anda tentang kesehatan mental.

1. I Smile Back

Film bergenre drama yang ditulis oleh Paige Dylan dan Amy Koppelman ini mengisahkan tentang seorang ibu yang “sempurna”. Dia memiliki penampilan yang menarik dan cerdas. Bukan hanya itu, diam juga memiliki dua anak yang menggemaskan serta seorang suami yang tampan dan memiliki segalanya. Namun, ternyata dibalik kesempurnaan itu dia menyimpan depresi dan kecemasan.

Hal itu bisa dijadikan pembelajaran bahwa kebahagian yang terlihat bukan jadi indikator Anda dalam menilai seseorang.

2. Joker

Melalui akting Joaquin Phonix, film ini sempat menduduki Top Chart Box Office dan masuk dalam nominasi Oscar tahun 2020. Film Joker menceritakan tentang Arthur, seorang badut pesta yang gagal dan menyedihkan. Ditambah lagi dia memiliki gangguan mental karena kerap mendapatkan perlakuan tidak adil dari masyarakat. Hal tersebut menjadikannya sosok yang keji. Di film ini Anda akan tahu betapa pentingnya empati dan kepedulian diantara sesama manusia.

3. Please Stand By

Film Please Stand By yang dibintangi oleh Dakota Fanning ini memiliki genre drama komedi.  Bercerita tentang seorang gadis pengidap autis bernama Wendy yang berjuang dengan keterbatasannya untuk pergi ke Los Angeles untuk mewujudkan mimpinya mengikuti kompetisi skenario film Star Trek. Dia sangat berharap dapat memenangkan kompetisi tersebut dan mendapatkan hadiahnya. Melalui film ini, Anda akan belajar bahwa keterbatasan tidak akan menghalangi mimpi, maka jangan pernah meremehkan mereka yang katanya “terbatas”.

4. Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan

Kali ini film garapan sineas Indonesia yaitu Ernest Prakasa sukses menarik perhatian banyak orang. Film yang diadaptasi dari nover karya Meira Anastasia ini memang menyuguhkan cerita yang berbeda. Cerita tentang Rara diperankan oleh Jessica Mila, merupakan seorang gadis yang terlahir dengan tubuh tidak proporsional. Suatu hari, dia memiliki peluang untuk naik jabatan di kantornya. Namun, bos Rara mengharuskannya untuk mengubah total penampilannya jika ia ingin mengemban tanggung jawab baru ini. 

Setelah menonton film ini, Anda diajak untuk lebih aware mengenai isu body shaming yang saat ini sering terjadi dan tidak kita sadari. Selain itu, Anda akan belajar tentang self-acceptence yang sangat penting untuk kesehatan mental.

5. The Perks of Being A Wallflowers

The Perks of Being A Wallflowers merupakan film drama yang diaptasi dari novel karya Stephen Chbosky tahun 1999 dengan judul yang sama. Film ini menghadirkan tentang kehidupan Charlie, seorang remaja introvert dan kikuk yang cenderung menutup diri dari pergaulan. Setelah bertemu dengan dua orang sahabatnya, akhirnya dia mengungkapkan tentang cerita traumatik masa lalu sebagai penyebab sikapnya yang tertutup.

Film ini mengajarkan bahwa dukungan seorang sahabat sangat berarti untuk memulihkan mental dan terkadang ketika ada masalah kita hanya butuh teman untuk cerita dan didengarkan.

6. A Beautiful Mind

Film ini diapdatasi dari kisah nyata peraih nobel bidang ekonomi yaitu John Nash. Diceritakan dalam film, John Nash adalah seorang matematikawan yang cerdas . Namun, dia menderita penyikat skizofrenia, yaitu gangguan jiwa yang tidak bisa membedakan hal yang halusinasi dan kenyataan. Suatu ketika, dia direkrut oleh Pentagon untuk memecahkan kode rahasia dari Soviet. Saat itulah, dia mengalami kesulitan membedakan mana yang halusinasi dan mana yang kenyataan hingga membuatnya menjadi depresi. Tokoh Nash dalam film ini, mengajarkan kita untuk berdamai dengan dunia imajinasi.

Bagaimana kira-kira udah ada rencana nonton film yang mana?[Dnd/Hsn/timBX]

Tags :

#
film,
#
mental health awareness,
#
i smile black,
#
joker,
#
please stand by,
#
imperfect: karir,
#
cinta dan timbangan,
#
the perks of being a wallflowers,
#
a beautiful mind