MENU
icon label
image label
blacklogo

RC Rally: Pacu Adrenalin Dalam Skala Kecil

DEC 29, 2020@10:00 WIB | 307 Views

Permainan radio control atau akrab disingkat RC adalah salah satu hobby yang selalu ada pemainnya dan terus regenerasi. Jenis RC pun banyak, mulai dari medio lahannya, ada kapal untuk di air, pesawat atau aeromodeling di udara dan mobil untuk di darat yang mungkin paling banyak peminatnya.

RC mobil sendiri pun dibagi menjadi ragam bagian layaknya balap mobil sesungguhnya. Nah salah satu jenis RC Mobil yang paling seru adalah RC Rally. Tak hanya mengandalkan keahlian memacu kecepatan, RC Rally membutuhkan skill khusus mengingat trek yang dilalui tak selalu mulus. RC juga menjadi pilihan big boys toys yang sekedar ingin refreshing menuangkan minat racing yang terbendung, atau bahkan lebih serius berkompetisi.

Pada kesempatan ini tim BlackXperience mendatangi GTR, salah satu sirkuit RC rally terbaru di Jakarta di mana tim RC Rally Jakarta sedang mengikuti fun race. Bertemu dengan punggawanya, Andreas, kami bertanya lebih dalam mengenai dunia RC Rally khususnya di Indonesia. Menurutnya, RC rally di Indonesia sudah cukup lama ada namun baru mulai ramai tahun 2012 lalu. “Iya RC rally sebenarnya udah lama ya, tapi baru naik 2012 lalu, dan sempat tenggelam, naik lagi di 2017, tenggelam lagi, terus naik lagi di 2020, di masa pandemi ini.” Ungkap Andreas.

Nah ketika ditanya perbedaan RC rally dengan RC mobil lainnya, secara karakteristik menurutnya hampir sama dengan rally mobil aslinya. “Kalau RC rally itu khasnya biasa menggunakan basis mobil sedan, identik dengan skala ukuran 1:10.” Ujarnya.

Andre menambahkan “Tapi untuk kelas biasanya kita ada dua kelas, sedan dan FFA atau free for all yang tidak terbatas bentuk mobil serta spesifikasinya, bisa body truk atau body jip.”

Nah bagi yang berminat untuk bermain RC rally ada dua pilihan cara untuk memilih unit, kita bisa membeli tipe RTR atau ready to run alias starter kit lengkap, atau beli custom per parts. Lebih jauh Ia menjelaskan “RTR itu udah ga beli apa-apa lagi langsung isi baterai jalan, kalau kita beli custom keuntungannya kita bisa pilih part yang kita inginkan, mungkin baterai lebih besar, dinamo lebih kencang, dan lainnya.”

Untuk parts menurut Andreas, RC terbagi atas chasis kit, ESC atau Electronic Speed Controller, dinamo servo, dan baterai, serta tentu saja receiver dan transmitter. “Untuk RTR sendir sesungguhnya  udah cukup, tapi kalau mau enak ya bisa beli suspensi  yang lebih fit.” Ucapnya.

Untuk memulai main dana yang disiapkan paling tidak 2 juta untuk kit RTR baru menurut Andreas. Sedangkan untuk custom kit bisa dari 3 jutaan sampai angka yang tidak terhingga tergantung kualitas part. [leo/timBX]

Tags :

#
rc,
#
radio control,
#
mobil rc,
#
gamesroom