MENU
icon label
image label
blacklogo

Kontrol Gitar Listrik Tanpa Kabel dari Noatronic

SEP 12, 2021@18:30 WIB | 71 Views

Kembali ke Pameran Perlengkapan Musik NAMM 2019 lalu, Noatronic dari Denmark meraih predikat Best in Show.

Predikat tersebut mereka dapatkan berkat sebuah kotak yang memungkinkan pemain mengontrol stomp di papan, langsung dari gitar listrik. Kini, perusahaan tersebut bekerja sama dengan RTX untuk menciptakan sistem nirkabel. Onboard Expression System original terdiri dari tiga komponen penting. Pertama, potensiometer kontrol yang menggantikan salah satu kenop gitar host. Kedua, jack stereo yang menggantikan jack output instrumen. Terakhir, kotak penerima sinyal yang mampu mengeluarkan sinyal dari pick up serta membaca posisi kenop kontrol dan status sakelar, juga mengirim perintah ke pedal efek, amp, dan modeler.

Tetapi, kontrol semacam ini masih membutuhkan kabel sebagai penghubung antara gitar, penerima, dan roda gigi di bawah kendali sistem. Beruntung, Noatronic kembali dengan pengembangan terbaru yang memungkinkan semua dilakukan secara nirkabel. Ya, sistem ini mereka sebut dengan Noatronic Wireless Guitar System.

Secara sederhanca, cara kerjanya mirip dengan sistem yang terdahulu. Namun, Anda perlu mengganti salah satu pot nada pada gitar host dengan pengontrol, serta mengganti jack instrumen dengan jack stereo yang disediakan. Hanya saja tidak ada modifikasi permanen pada instrumen sehingga Anda dapat meninggalkan router.

Baca juga: Microsoft akan Merilis Xbox Series X dengan Tema Halo Infinite

Kabel instrumen stereo pendek masih perlu dipasang di antara gitar dan kotak pemancar yang dipasang ke tali gitar pemain. Ini ditenagai oleh dua baterai AA yang secara nirkabel mengirimkan pesan audio dan MIDI 24-bit/48-kHz dari kenop pengontrol. Dengan melalui teknologi digital latensi rendah RTX Sheerlink, unit penerima akan menangkap perintah hingga jarak 60 meter. Adapun antena ganda menggunakan saluran adaptif berkelanjutan untuk meminimalkan gangguan sinyal dari hal lain yang menempati pita frekuensi 2,4 GHz.

Dengan Noatronic Wireless Guitar System pemain dapat mengontrol pedal efek yang kompatibel dengan MIDI atau parameter amp pemodelan langsung dari gitar. Pemusik pun bisa dengan bebas berkeliaran di panggung, ruang latihan, atau studio. Unit penerima sendiri mendapatkan kekuatan dari catu daya pedalboard standar, jack audio 0,25-in dan MIDI out, yang dilengkapi sakelar pusat. Sistem juga dilengkapi layar OLED kontras tinggi yang membuat pemain mendapatkan informasi yang diperlukan.

Pengaturan ini terlihat cukup sulit dan memudahkan pemain yang tidak menginginkan tambatan pedalboard. Untuk Anda yang tertarik memilikinya, Noatronic Wireless Guitar System tersedia di Indiegogo seharga $425 dolar AS atau setara Rp6 juta rupiah. Jika semua berjalan sesuai rencana maka pengiriman diperkirakan akan dimulai pada Mei 2022 mendatang.[yub/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
gitar,
#
gitar listrik,
#
kontrol gitar listrik,
#
kontrol gitar listrik tanpa kabel,
#
noatronic