MENU
icon label
image label
blacklogo

Joker Raih Pujian Tinggi dari Semua Kritikus

SEP 02, 2019@15:55 WIB | 257 Views

Reaksi pertama terhadap Joker versi Joaquin Phoenix telah tiba online, dan mereka semua umumnya positif. Para kritikus film tampaknya setuju bahwa penampilan Joaquin Phoenix di Joker bukanlah hal yang dapat dipandang remeh atau bahkan ditertawakan (sebuah ironi bukan?!) dan berpeluang besar ke kejayaan Oscar.

Hanya beberapa hari yang lalu, trailer terakhir untuk Joker turun, dan cukup mengejutkan banyak orang. Penampilan Joker alaPhoenix dalam cuplikan-cuplikan itu langsung membuat para penggemar berantusias ingin menyaksikan. Sekarang itu dilegitimasi dari tanggapan para kritikus yang telah menyaksikannya. Film adaptasi buku komik yang disutradarai Todd Phillips ini tayang perdana secara eksklusif pada Sabtu (31/8) di Venice Film Festival.

Para kritikus rata-rata memuji bagaimana pendekatan terhadap penggambaran sosok musuh bebuyutan Batman yang ikonis sebagai salah satu film terbaik tahun 2019. Bahkan kritikus film terkenal dari Forbes, Mark Hughes, secara tidak langsung menyatakan bahwa Joaquin sudah memberikan sebuah pertunjukan layak Oscar di film tersebut.

"Bersiaplah untuk memikirkan kembali apa yang mungkin terjadi dalam film-film buku komik. Joaquin Phoenix memberikan kinerja luar biasa dan menakjubkan dalam fisik dan kedalaman emosionalnya. Mustahil untuk membicarakan hal ini tanpa merujuk kinerja pemenang Oscar Heath Ledger di The Dark Knight, yang secara luas dianggap sebagai penggambaran live action definitif dari Joker. Faktanya adalah, semua orang akan terpana dengan apa yang dicapai oleh Phoenix, karena itu adalah apa yang dianggap mustahil oleh banyak orang - penggambaran yang cocok dan berpotensi melebihi yang dimiliki Pangeran Badut yang jahat di Dark Knight," tulis Huges.

Joker baru dibuat tidak berdasarkan narasi dari buku komik, jadi Phillips memiliki kendali penuh tentang bagaimana ia ingin membuat cerita Fleck. Ini membuat film yang lebih menarik karena publik tidak tahu ke mana perginya cerita itu. Phillips bahkan pernah mengungkapkan sebelumnya bahwa ia harus melalui satu tahun hanya untuk meyakinkan Warner Bros agar memberi lampu hijau supaya proyek tersebut ditaruh sebagai peringkat-R.

Bukan rahasia lagi bahwa banyak yang skeptis terhadap Joker mandiri ketika pertama kali diumumkan oleh Warner Bros. Tetapi publik akhirnya melunakkan ide tersebut, dan terutama setelah mempelajari daftar bakat yang akan ikut berperan di dalamnya, seperti Robert De Niro, Marc Maron, Brett Cullen, Frances Conroy, Zazie Beetz, dan tentu saja Joaquin Phoenix.

Lalu hampir semua skeptisme itu berubah jadi antusias membara sejak rilis trailer terakhir beberapa hari lalu. Kini, dengan respon positif dari kritikus di Venice Film Festival maka bisa dipastika para penggemar semakin tidak sabar untuk bisa segera menyaksikannya di bioskop. Joker  akan mulai tayang secara umu di dunia pada 4 Oktober nanti. So…simpan antusisme blackpals untuk sebulan lagi ya.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
joker,
#
dceu,
#
joaquin phoenix