MENU
icon label
image label
blacklogo

Joker Raih Penghargaan Tertinggi di Venice Film Festival

SEP 09, 2019@10:50 WIB | 150 Views

Joker arahan sutradara Todd Phillips telah membawa pulang Golden Lion di 2019, menjadikannya film berdasarkan komik pertama yang memenangkan penghargaan tersebut. Film ini ditayangkan perdana di acara tersebut akhir bulan lalu dan mendapat sambutan antusias secara keseluruhan, dengan banyak yang menyatakannya sebagai pemecah cetakan untuk genre buku komik.

 Pada saat yang sama, Joker juga sudah mengundang banyak kontroversi sejak awal karena penggambarannya akan sosok Arthur Fleck (Joaquin Phoenix), seorang komedian gagal yang secara bertahap berkembang menjadi Clown Prince of Crime. Namun, jika ada, ini hanya membuat lebih banyak orang tertarik untuk menonton film itu ketika dibuka untuk umum pada bulan Oktober nanti.

Dengan tidak sedikit kritikus di Venesia yang memberi ulasan dengan kata-kata seperti "mahakarya", tidak heran Joker sekarang dianggap sebagai penantang Oscar yang bonafide. Phoenix, khususnya, sepertinya harus dinominasikan untuk penampilannya, yang digambarkan sebagai transformatif dan menakutkan sekaligus. Namun bagaimana perkembangannya nanti selama sisa musim penghargaan tahun ini, Joker setidaknya telah membawa pulang penghargaan tertinggi di salah satu festival terbesar.

Joker dianugerahi Golden Lion di Venice Film Festival tahunan ke-76, setelah berakhirnya festival pada Sabtu malam, 7 September. Phillips dalam pidato penerimaan untuk penghargaan berterima kasih kepada Warner Bros dan DC karena telah keluar dari zona nyaman mereka dan melakukan langkah berani untuk dirinya dan film itu. Dia kemudian memuji Phoenix, yang bergabung dengannya di atas panggung, mengatakan (melalui Variety):

"Tidak ada film tanpa Joaquin Phoenix. Joaquin adalah singa paling ganas, paling cerdas, dan paling berpikiran terbuka yang aku tahu. Terima kasih telah mempercayaiku dengan bakat gilamu."

Seperti yang disebutkan, kemenangan Joker di Venesia belum pernah terjadi sebelumnya untuk film adaptasi buku komik. Pemenang terbaru Golden Lion termasuk Roma dan The Shape of Water, yang masing-masing kemudian memenangkan Oscar untuk Best Director dan Best Picture/Director. Sebelum keduanya juga ada pemenang Oscar Brokeback Mountain dan The Wrestler karya Darren Aronofsky. Jadi ini menempatkan Joker di posisi yang cukup bergengsi.

Kemenangan ini hanya akan memberikan momentum lebih banyak bagi film itu menuju sisa musim gugur 2019. Hal tersebut juga membuat Phoenix menjadi pelari terdepan untuk penghargaan Aktor Terbaik yang akan datang, terutama karena dia sudah pernah mendapat tiga nominasi Oscar.

Walau demikian segala sesuatu masih bisa terjadi di hingga nanti masa penghitungan suara Oscar. Sebagai contoh tahun lalu misalnya, A Star is Born diyakini banyak kritikus sebagai yang terdepan dalam persaingan Oscar, tetapi akhirnya kalah bersaing. Joker mungkin memiliki perjuangan menanjak serupa di depan. Tetap saja, gagasan film komik apapun (yang sama berbobotnya dengan Joker atau tidak) membawa pulang Golden Lion adalah berita besar dalam dunia perfilman.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
joker,
#
venice film festival,
#
todd phillips,
#
joaquin phoenix