MENU
icon label
image label
blacklogo

Jam Tangan GMT: Fungsi dan 5 Rekomendasi

NOV 01, 2021@18:30 WIB | 176 Views

Arloji GMT bisa dipakai untuk melihat dua atau tiga waktu berbeda sekaligus.

Jam tangan GMT lumayan populer dan fungsional untuk mereka yang sering bepergian ke luar negeri untuk urusan kerja atau travelling.  Arloji ini awalnya sering dipakai oleh para pilot dan penerbang di tahun 50-an. Saat itu, penerbangan luar negeri sudah mulai umum dan makin banyak dilakukan.

Pan Am, jasa penerbangan terbesar saat itu, membuat permitaan ke perusahaan jam untuk sebuah arloji yang bisa menampilkan 2 zona waktu sekaligus. Arloji ini akan diberikan kepada para pilot agar mereka bisa memantau waktu di kota asal dan tujuan sekaligus.  Ada dua perusahaan yang menyanggupi permintaan ini, Glycine dan Rolex. Glycine menyiapkan bezel 24 jam yang bisa diputar untuk melihat waktu timezone keduanya.

Sedangkan Rolex menambahkan sebuah jarum jam keempat yang berputar penuh dalam 24 jam dan sebuah bezel 24 jam di luarnya. Jadi pemakainya akan membaca jarum jam biasa 12 jam untuk zona waktu pertama dan jarum jam keempat serta bezel 24 jam untuk zona waktu kedua. Desain Rolex ini disukai oleh banyak orang dan desain ini pun kemudian dipakai oleh manufaktur jam lain sebagai template jam tangan GMT.

Baca juga: Girard-Perregaux Rilis Arloji Kedua Aston Martin

Jenis Jam Tangan GMT

Pada dasarnya, saat ini ada dua jenis jam GMT. Yang pertama adalah tipe jam tangan yang bisa dipakai untuk mengatur jarum jam utamanya dengan mudah ke waktu yang diinginkan tanpa mengubah jarum yang lain.

Jadi atur saja zona waktu utama Anda di jarum GMT dan ubah jarum jam utama sesuai dengan zona waktu baru. Tipe ini biasa dikenal oleh penggemar arloji dengan nama “flyer” dan disukai oleh mereka yang sering travelling keluar.

Ada satu lagi jenis GMT yang dikenal sebagai GMT “office” atau “caller.” Tipe satu ini juga sama, ada jarum jam GMT dan jarum jam biasa. Hanya saja, untuk mengatur jarum jam GMT, Anda juga harus mengatur ulang semua jarum jam.

Jam ini biasa dipakai bila Anda memiliki rekan kerja yang berkolaborasi bersama dari zona waktu lain. Tentunya perbedaan office GMT dengan Flyer GMT hanya lama waktu mengatur waktunya, jadi jam tangan Office GMT juga bisa dipakai untuk travelling.

Selain memampilkan 2 zona waktu, ada juga arloji yang menawarkan 3 zona waktu sekaligus. Misalnya jam tangan Monta Skyquest yang memiliki bezel eksternal dan internal sekaligus.

Jadi Anda bisa melihat zona waktu utama dengan lingkaran jam utama 12 jam dan zona waktu kedua dengan jarum jam GMT yang menunjuk di bezel. Zona waktu ketiga dihitung dengan perbedaan waktu jam GMT dengan bezel satu lagi.

Namun jam seperti ini lebih jarang, tetapi juga lumayan fungsional jika memang Anda butuh memantau 3 zona waktu sekaligus.

Rekomendasi Jam Tangan GMT

1. Monta Skyquest

Monta Skyquest adalah arloji paling badass yang bisa Anda beli. Dengan tambahan bezel internal, artinya Anda bisa melihat 3 zona waktu sekaligus.

Jam tangan ini juga bisa dipakai menyelam hingga kedalaman 304 meter. Jadi dipakai ke kantor, travelling, masuk dalam air, jam tangan ini selalu cocok dan terlihat bagus juga.

2. Rolex GMT Master II

Sejak didebutkan tahun 1954 sebagai Rolex GMT masih terus disukai hingga sekarang. Bezel pepsi biru merahnya juga unik. Hiconsumption menuliskan bahwa waitlist Rolex satu ini sudah mencapai bertahun-tahun.

Bagaimanapun juga, arloji berukuran 40 mm ini sudah memiliki banyak seri, terus dipercaya, dan tetap terlihat mewah untuk dilingkarkan di lengan.

Baca juga: IWC Tambahkan Arloji Ceratanium dalam Koleksi TOP GUN

3. Zodiac Sea Wolf GMT

Zodiac adalah salah satu brand yang masuk ke koleksi GMT di awal-awal, sekitar tahun 1960-an. Mereka membuat Sea Wolf Driver menjadi Aerospace GMT.

Sampai sekarang, versi GMT dari Sea Wolf ini masih diproduksi tetapi tidak lagi memakai nama Aerospace. Jadi Anda bisa mengecek koleksi brand satu ini untuk koleksi klasik lainnya.

4. Bell & Ross BR V2-93 GMT

Bell & Ross BR V2-93 GMT memiliki desain vintage dengan gaya jam tangan pilot dan bezel aluminium 24 jam dua warna. Di bagian caseback, ada gambar gaya lama pesawat mengelilingi bumi.

Arloji ini memiliki dial hitam, mesin ETA 2893-2 automatic, dan tali bracelet. Jarum GMT di dial berwarna jingga dan sangat kontras dengan latar monokromnya.

5. Tudor Black Bay GMT

Debut tahun 2018, jam tnagan ini fungsional dan stylish sekaligus. Dengan mesin Tudor MT5652 automatic movement, arloji ini memiliki 70 jam power reserve, bezel pepsi, dan lubang tanggal di arah jam 3. Secara desain, dia memiliki case perak stainless steel, dial hitam, dan bracelet stainless steel perak.[eve/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
jam tangan,
#
jam tangan untuk pria,
#
jam tangan terbaru,
#
jam tangan gmt,
#
5 rekomendasi jam tangan gmt