MENU
icon label
image label
blacklogo

Jadi Barista di Rumah dengan 3 Mesin Espresso Praktis

MAY 08, 2020@19:30 WIB | 676 Views

Selain berkembang pesat di kota-kota besar dengan segala kedai kopinya, rupanya tren menikmati kopi di rumah menjadi alternatif menarik bagi banyak keluarga urban modern. Alasannya adalah jika di kedai kopi, kita perlu berbagi ruang dengan pembeli lainnya, maka ngopi di rumah bisa memberikan ruang yang lebih intim dan privat sekaligus juga tanpa ada batasan waktu. Kelebihan lainnya adalah dengan ngopi di rumah, baik citarasa sampai takaran semua dapat dibuat menyesuaikan selera kamu. Kamu tidak harus complain dengan rasa yang terbilang template sesuai prosedur pembuatan kedai kopi. Kamu juga bahkan bisa berinovasi sendiri di rumah dengan berbagai bahan dan metode pembuatan kopi yang ada. Apalagi saat ini, kemajuan digital membuat berbagai resep dapat dipelajari secara tepat hanya lewat layar smartphone.

Saat ini sob, Banyak manufaktur saat ini berinovasi menghadirkan mesin espresso yang dirancang untuk kebutuhan rumah. Beberapa kriteria menjadi patokan bagi produk-produk meningkatkan daya saingnya di pasaran seperti biasanya, mesin kopi rumahan memiliki desain yang kompak, ergonomis dan mudah untuk dilettakan di berbagai sudut rumah. Kedua, ramah dan mudah untuk dioperasikan adalah alasan lain mengapa sebuah mesin dianggap layak untuk dimiliki dan yang terakhir tentu harga yang berbading lurus dengan kualias yang ditawarkan setiap mesin kopi.

Menikmati kopi espresso dan turunannya bisa kamu terapkan di rumah dengan beberapa alat yang menarik mulai dari yang digerakkan secara manual atau dengan mesin semi otomatis dan otomatis.

Simplisitas ROK Presso

Pilihan tepat jatuh pada Rok Presso buat kamu yang ingin membuat kopi dengan cara paling manual. Pertama kali dicetuskan oleh Patrick di kota London. ROK presso dibuat dari keinginan sang pemiliki untuk membuat mesin espresso rumahan yang simpel, mudah digunakan dan tanpa menggunakan tenaga listrik. Prosesnya pun terbilang mudah, bubuk kopi yang sudah halus dimasukkan ke dalam portafilter keudian dipadatkan dengan tamper dan dimasukkan ke ruang ekstraksi. Kemudian, masukkan air panas ke dalam tabung yang ada di atas tuas dan terakhir tekan kedua tuas yang ada di kiri dan kanan atas body untuk menghasilkan ekstraksi espresso. Soal citarasa, tentu hal ini kembali ke profil biji kopi yang digunakan dan tingkat suhu air yang digunakan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, disarankan untuk menggunakan air bersuhu antara 85-93 derajat Celsius. 

ROK Presso dijual satu set yang terdiri dari body berbahan polished aluminum, portafilter berbahan glass composite bebas BPA dan tamper yang juga bisa digunakan sebagai sendok kopi. Selain menyajikan espresso yang nikmat, Rok Presso bisa juga kamu jadikan sebagai alat untuk melatih rasa kamu terhadap kopi.

Ketepatan Rasa DeLonghi Icona

DeLonghi cukup familiar di kalangan Barista khususnya di kalangan kedai kopi kecil hingga menengah. Selain karena harganya yang cukup kompetitif, DeLonghi menyimpan seperangkat kemudahan bahkan bagi pemula. Di samping, DeLonghi memiliki selera desain Italia yang enak dipandang mata.

Mesin kopi Delonghi menawarkan berbagai kelebihan, salah satunya pengoperasiannya yang cukup mudah. Pengaturan program elektronik dan tombol panelnya dibuat tidak rumit sehingga mudah digunakan.

Delonghi Icona Vintage adalah coffee maker single head dengan kemampuan menghasilkan espresso yang akurat serta juga dapat digunakan untuk menghasilkan turunan espresso seperti cappuccino dan latte. Meski masuk ke kategori semi otomatis, pengoperasiannya terbilang cukup simple. Di bagian muka, terdapat tiga tombol utama yakni tombol power, tombol untuk mengekstraksi kopi dan tombol untuk mengoperasikan pipa steam. Konsumsi listriknya menggunakan daya 1100 Watt sehingga tidak terlalu besar, dengan kapasitas 1.4 liter yang cukup untuk mengolah kopi dalam jumlah banyak.

Secangkir simplistas ala Docle Gusto by Nescafe

Jika kamu ingin membuat espresso dan turunannya dengan cara yang mudah tanpa harus bersusah-susah terlebih dahulu, coffee maker otomatis wajib kamu miliki di rumah. Mesin kopi jenis ini berdesain sangat simpel yang terdiri dari tank tempat menyimpan air, pengaturan otomatis dengan layar sentuh dan pilihan bubuk kopi yang dikemas dalam bentuk kapsul. Kamu ga perlu lagi repot untuk menggiling, atau menakar kuantitas bubuk kopi dan me-steam susu cair untuk menghasilkan kopi yang nikmat. Yang perlu kamu lakukan adalah cukup memasukkan air ke dalam tank, tekan tombol power, masukkan kapsul ke ruang ekstraksi, dan espresso tersedia langsung di gelas tanpa harus ribet. Mesin jenis ini juga menawarkan citarasa yang sangat beragam sesuai dengan kapsul yang kamu pilih. Dolce Gusto by Nescafe adalah satu dari sekian banyak produk yang direkomendasikan untuk penyajian kopi jenis ini. selain karena kualitas yang sudah teruji, pilihan rasanya juga cukup beragam.

Jenis penyajian kopi apapun yang kamu inginkan, yang jelas kopi dapat memperbaharui mood yang berantakan atau juga dapat menemani kamu saat bekerja dari rumah. Sudah minum kopi hari ini sob? [agn/asl/timBX]

Tags :

#
barista,
#
mesin espresso,
#
cara buat espresso,
#
rok presso,
#
delonghi icona,
#
docle gusto