MENU
icon label
image label
blacklogo

Film "Underwater" Memberikan Kesan Menyeramkan di Bawah Laut

JAN 17, 2020@16:20 WIB | 3,511 Views

Film horor klaustrofobik tahun 2020 karya William Eubank yaitu Underwater menghadirkan jumlah audiens yang cukup banyak, seperti sosok monster. Hal itu sangat misterius dan membingungkan.

Terletak 11.000 meter di bawah laut pada kedalaman yang keruh di Palung Mariana, film ini mengikuti awak bor laut dalam, ketika mereka berurusan dengan suatu bencana: bencana alam yang menghancurkan integritas struktural dari dinding logam tipis dan 10.000 atmosfer tekanan air garam yang akhirnya memisahkan mereka. Film ini awalnya difilmkan pada tahun 2017 yang menjelaskan keberadaan T. J. Miller. Tetapi film ini ditunda karena pembelian 20th Century Fox dari Disney. Akhirnya film ini membuat jalan ke layar perak dengan ulasan yang beragam. Film ini juga dipenuhi dengan aksi-aksi yang menegangkan sejak menit pertama, ia tidak memperkenalkan monster, atau skala ancamannya, hingga kita yang menontonnya larut dalam film.

Gempa bumi yang dahsyat telah menghancurkan 70 persen pangkalan kru. Ketika para karakter berjuang menuju permukaan, mereka menemukan ikan yang aneh dan tampak sesosok manusia dengan tubuh yang tampak terlihat abis dilakukan kekerasan. Liam Smith (John Gallagher Jr.) berteori bahwa pergeseran di dasar laut membuka jembatan antara dua ekosistem, salah satunya menjadi rumah bagi predator brutal ini. Emily (Jessica Hanwick), seorang asisten peneliti yang dibawanya untuk mempelajari kehidupan laut, menjelaskan bahwa gempa itu sendiri adalah murni kesalahan mereka. Sebuah analogi untuk perubahan iklim, itu mewakili cara keserakahan manusia mengubah lautan itu sendiri menjadi antagonis. “Kami telah mengebor terlalu dalam. Kami telah mengambil terlalu banyak," Emily putus asa. Lautan mereka mengambil kembali kepada sang pencipta.

Monster yang ada di Underwater ini cukup mengganggu karena bentuknya yang terlihat seperti agar-agar, dengan muka pucat, dan bertulang. Ini adalah makhluk yang dirancang dengan hati-hati karena membentuk bagian dari tradisi panjang film monster, dan harus terlihat juga seperti kehidupan nyata. Mereka yang menghabiskan waktu buat mencari-cari di internet untuk gambar-gambar apa saja yang ada di bawah kedalaman keruh mungkin mengenali monster monster yang ada di dalam Underwater serta tubuh ikan oar yang memanjang, gelatin kecil dari salp, mata buram hiu yang berhamburan, gigi seperti jarum dan udara vampir dari ikan fangtooth.

Underwater jelas mengambil beberapa isyarat dari Alien, film horor Ridley Scott tahun 1979. Awalnya kru bertemu monster dalam bentuk bayi: makhluk janin yang menyeramkan, tidak seperti bayi yang pernah dilihat sebelumnya. Saat itu juga ia meminjam alat dari kontras alien dari ruang claustrophobic yang ketat terhadap luasnya agoraphobic. Monster di Underwater mengekspresikan kekejaman yang sama dengan Alien's Xenomorph, yaitu berupa ancaman tanpa henti. Judulnya pun juga mempunya kemiripan, satu kata yang menggarisbawahi ancaman utama film: film Alien, in Xenomorph,  sedangkan Underwater, di lingkungan. Meskipun beberapa orang mengkritik dan menyebut Underwater sebagai rip-off Alien subaquatic, itu diukur dalam penghormatannya terhadap film sci-fi klasik. Butuh inspirasi, tetapi menghadirkan sesuatu yang baru.

Monster terakhir Underwater mewakili ancaman skala yang belum pernah terjadi sebelumnya, condong ke sudut yang lebih sastra. Karakter tersebut adalah dewa raksasa, desain tersebut memanfaatkan potensi layar bioskop yang lebih besar. Dengan wajah tentakel dan ancaman pemusnahan eksistensial lengkap, ia memunculkan gambar Cthulhu, entitas kosmik yang muncul pertama kali di H.P. Cerita pendek Lovecraft, "The Call of Chtulhu". Dewa air yang jahat, Lovecraft menggambarkannya sebagai berikut, "monster garis besar antropoid dengan bentuk yang samar-samar, tetapi dengan kepala seperti gurita yang wajahnya dipenuhi massa perasa, tubuh bersisik, seperti karet, cakar luar biasa di kaki belakang dan depan, serta panjang, sayap sempit di belakang”. Bagi siapa pun yang sudah meninggalkan bioskop setelah menonton Underwater, pasti memikirkan apa benar di dalam laut ada makhluk seperti itu. Nah, oleh karena itu, jika kamu penasaran, langsung saja tonton filmnya di bioskop-bioskop kesayangan kalian yah![Ech/Hsn/timBX]

Tags :

#
film,
#
underwater,
#
klaustrofobik,
#
william eubank