MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mudah Merawat Ikat Pinggang Kulit

APR 18, 2019@09:35 WIB | 1,024 Views

Salah satu barang pelengkap fashion kaum pria dari dulu hingga sekarang adalah sabuk atau ikat pinggang. Seiring perkembangan jaman memang bahan ikat pinggang pun semakin bervariasi mulai plastik, karet, hingga denim. Namun material kulit tetap menjadi salah satu yang paling favorit.

Modelnya yang klasik dan tahan lama membuat ikat pinggang berbahan kulit sangat cocok dikenakan di hampir segala macam gaya. Item fashion ini juga bisa dikatakan sebagai sebuah investasi jangka panjang bagi pria.

Namun bila tidak dirawat dengan benar, material kulit pada ikat pinggang ternyata bisa rusak dan mengelupas. Jadi penting untuk blackpals tahu teknik penyimpanan dan perawatan yang tepat.

Hal pertama yang perlu diingat adalah selalu lepaskan sabuk dari celana usai digunakan. Biasanya ketika berganti pakaian, kita suka malas melepas ikat pinggang dari celana. Nah ternyata meskipun terlihat sepele, kebiasaan ini dapat merusak bahan kulit bahkan membuat warnanya cepat memudar. Selain itu, lubang sabuk pada celana juga dapat menimbulkan bekas pada kulit jika sering didiamkan.

Jangan lupa soal kebersihan blackpals. Sama seperti baju yang dicuci setelah dipakai, sabuk juga perlu dibersihkan. Namun itu bukan berarti Anda harus membersihkannya setiap kali usai dipakai. Cukup dilakukan secara berkala.

Cara membersihkan ikat pinggang kulit terbilang mudah. Siapkan spons atau kain fiber, kemudian rendam dengan air sabun. Gosok sabuk secara perlahan mengikuti arah serat kulit. Setelah itu bilas dengan mengusapkan spons atau kain fiber yang telah direndam air bersih.

Satu lagi yang perlu diingat akan sifat material kulit, yaitu sangat rentan terkena jamur. Apalagi ketika disimpan di tempat lembap dalam waktu yang lama. Jadi sebelum disimpan ke lemari, pastikan sabuk Anda kering.

Namun jangan Anda jemur langsung sabuk di bawah panas terik matahari. Cukup dengan cara dianginkan di dalam ruangan.

Langkah terakhir untuk memastikan keawetan sabuk kulit blackpals adalah penyimpanan yang baik. Ada baiknya koleksi sabuk disimpan pada satu tempat penyimpanan agar tertata rapi dan tidak tercecer. Pastikan kotak penyimpanan selalu kering sehingga tidak memicu timbulnya jamur pada sabuk. Bila perlu gunakan penyerap lembap.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
sabuk kulit,
#
men lifestyle,
#
men fashion