MENU
icon label
image label
blacklogo

Bukan Hanya “Parasite”, Ternyata Film-Film Asia Ini juga Sukses Memenangkan Piala Oscar

FEB 18, 2020@14:35 WIB | 498 Views

Kabar mengenai film Korea Parasite yang masuk dalam nominasi Academy Awards atau Oscar tahun 2020 memang sangat menarik perhatian banyak orang, tak terkecuali masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Ajang penghargaan bergengsi ini biasanya didominasi oleh berbagai film dari Amerika maupun Eropa. Selain itu, Academy Awards memang menjadi tempatnya para sineas kelas dunia untuk unjuk gigi. Namun, tahukah Anda jika Parasite bukan menjadi film Asia pertama yang berhasil masuk nominasi dan memenangkan penghargaannya? Yuk simak deretan filmnya berikut ini.

1.         Rashomon (Jepang, 1951)

Film yang disutradarai oleh Akira Kurosawa dan juga dibintangi oleh Toshiro Mifune ini berkisah tentang peristiwa pemerkosaan dan pembunuhan yang diceritakan dalam empat sudut pandang. Pada Academy Awards tahun 1952, Rashomon mendapat penghargaan Honorary Awardsdan sekaligus menjadi pelopor film Asia yang berhasil bersaing di ajang Internasional.

2.         Crouching Tiger, Hidden Dragon (Taiwan, 2000)

Mungkin tidak sedikit dari Anda yang merasa asing dan belum pernah menonton film Crouching Tiger, Hidden Dragon. Film besutan sutradara kenamaan Ang Lee asal Negeri Tirai Bambu ini menggabungkan dua genre sekaligus, action dan drama dengan berisikan banyak adegan-adegan kungfu. Menariknya, film ini berhasil memenangkan 4 kategori dari total 10 nominasi Academy Awards, yaitu Best Foreign Language Film , Best Original Score, Best Cinematography, dan Best Art Direction. Crouching Tiger, Hidden Dragon seakan-akan menjadi trendsetter lahirnya film-film kungfu. Makanya tidak heran kalau awal tahun 2000-an banyak banget bermunculan film-film kungfu yang serupa.

3.         Sprited Away (Jepang, 2001)

Lagi-lagi film asal Jepang berjaya di ajang internasional. Berbeda dari film sebelumnya, kali ini genrenya film kartun. Film Sprited Away merupakan film animasi produksi Studio Ghibli yang berhasil memboyong piala penghargaan Best Animation Film di Academy Awardstahun 2003. Disutradarai oleh Hayao Miyazaki, film ini menceritakan tentang peristiwa ghaib yang dialami oleh seorang gadis dan orangtuanya.

4.         Departures (Jepang, 2008)

Kualitas film asal Jepang memang tidak perlu diragukan lagi. Karya besar Yojiro Takita ini, menghadirkan tema yang tak terbayangkan dan unik sehingga dapat membawa pulang piala Oscar pada 2009 sebagai Best Foreign Language Film dengan mengalahkan film Waltz With Bashir dan The Class. Film ini mengangkat kisah yang berbeda, karena menceritakan tentang perjalanan karier pemain cello yang berubah menjadi seorang perias jenazah.

5.         A Separation (Iran, 2011)

 A Separation merupakan film pertama asal Iran yang berhasil memenangkan piala Oscar tahun 2012 sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik. Sang sutradara, Asghar Farhadi sukses membuat film ini menarik perhatian banyak orang karena cerita yang diangkat berbeda daripada yang lain. Film A Separation ini menceritakan tentang perjuangan dan konflik yang dialami oleh pasangan beda status sosial di Iran. Penghargaan yang didapat di ajang Academy Awards tersebut menjadi sangat spesial bagi jutaan orang Iran di tengah kondisi mereka yang saat itu sedang mengalami agresi militer dan intimidasi.

6.         A Girl In The River: The Price Of Forgiveness (Pakistan, 2015)

Kali ini penghargaan Film Berbahasa Asing dalam kategori Film Dokumenter Pendek Terbaik di ajang Academy Awards tahun 2016 berhasil diraih oleh negara Pakistan dengan filmnya yang berjudul A Girl In The River: The Price Of Forgiveness. Film yang disutradarai oleh Sharmeen Obaid-Chinoy ini merupakan film dokumenter pendek yang bercerita tentang seorang gadis yang berhasil selamat dari percobaan pembunuhan yang dilakukan oleh ayah dan pamannya sendiri.

7.         The Salesman (Iran, 2016)

Asghar Farhadi memang sutradara yang bertangan dingin. Setelah A Separation yang berhasil menang piala Oscar, tahun 2017 lewat filmnya yang berjudul The Salesman juga sukses meraih penghargaan Film Berbahasa Asing Terbaik di ajang piala Oscar. Film ini bercerita tentang seorang suami yang mencari sosok pelaku yang melakukan penyerangan terhadap istrinya.

Nah, itu dia film-film Asia yang sukses membawa pulang piala Oscar. Ternyata saat ini kualitas film-film Asia tidak boleh diremehkan karena terbukti mampu bersaing di kancah internasional. Kira-kira mampukah perfilman Indonesia unjuk gigi di ajang Piala Oscar? Semoga saja![Add/Hsn/timBX]

Tags :

#
film,
#
film asia,
#
academy awards,
#
oscar 2020