MENU
icon label
image label
blacklogo

Berbujet 1 Miliar Dolar, Sekuel Avatar Siap Sapu Jejak Kesuksesan Marvel

JUN 19, 2019@15:50 WIB | 295 Views

Kabar bahwa disiapkannya dana investasi sebesar 1 miliar dolar ke dalam empat sekuel Avatar yang akan datang kini menjadi sasaran sindiran dari banyak penggemar film. Namun faktanya adalah waralaba Avatar merupakan raksasa box office dan kemungkinan hal itu akan dilanjutkan oleh sekuelnya, melampaui waralaba modern lainnya seperti Star Wars dan Marvel.

Film Avatar pertama tiba di bioskop pada tahun 2009 dan memukau penonton dengan efek 3D revolusionernya serta penggunaan CGI dan penangkapan gerak, terutama di IMAX. Film itu saat ini menjadi film terlaris sepanjang masa dengan total capaian 2.787.965.087 dolar Amerika di box office di seluruh dunia. Diperlukan sepuluh tahun bagi sutradara James Cameron untuk memproduksi sekuel, tetapi mulai Desember 2020, kita akan melihat yang pertama dari empat sekuel, yang semuanya diproduksi pada saat yang sama untuk menghemat biaya.

Di zaman di mana waralaba blockbuster yang sukses tampaknya telah menemukan formula kemenangan, berjalan seperti mesin yang diminyaki dengan rilis reguler, komitmen untuk tidak satu, dua, atau tiga, tetapi empat sekuel sekaligus mungkin tampak bodoh. Tetapi mengabaikan potensi waralaba ini sama juga dengan menihilkan kesuksesan film pertama dan sejarah James Cameron di Hollywood.

Sejauh mana kesuksesan box office dari Avatar pertama tidak dapat dilebih-lebihkan. Ini adalah film terbesar sepanjang masa, dan dengan margin yang begitu besar, Anda perlu menambahkan dua film box office hanya untuk menyamainya. Dengan raupan lebih dari 2,78 miliar dolar, Avatar adalah setara gabungan pendapatan Avengers: Infinity War dan Guardian of The Galaxy, dan hanya dengan biaya produksi kurang dari setengah dari anggaran gabungan mereka.

Namun tidak sedikit orang yang berasumsi bahwa sekuelnya akan melihat penurunan besar di box office dari yang pertama, dan itu mungkin benar. Tetapi bahkan jika Avatar 2 hanya mencatatakan 75 persen dari box office film pertama, itu masih mengalahkan Avengers: Infinity War dan Star Wars: The Force Awakens. Bahkan jika hanya setengah keberhasilan box office dari film pertama, sekuel Avatar masih berada di 10 besar sepanjang masa, mengalahkan film-film seperti Black Panther, Harry Potter and the Deathly Hallows, serta Star Wars: The Last Jedi.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
avatar,
#
james cameron,
#
avatar 2