MENU
icon label
image label
blacklogo

BAIT x Adidas Membuat Sepatu Initial D Toyota Trueno AE-86

JUL 28, 2021@18:00 WIB | 275 Views

Initial D bukan nama asing di antara penggemar otomotif. Judul anime ini juga tidak sedikit mengundang orang-orang menyukai mobil lewat kisah balapan liarnya di jalanan Jepang. Untuk membuat sepatu kolaborasi terbarunya, BAIT dan adidas memilih Toyota Trueno AE-86 sebagai dasar desainnya. Sepatu ini adalah BAIT x Initial D x Adidas Nizza Hi.

Toyota Trueno AE-86 adalah mobil yang dipakai oleh protagonis Initial D, Takumi Fujiwara. Mobil yang dimiliki oleh ayahnya ini biasa dipakai untuk mengantarkan pesanan tofu dari toko. Mobil ini mulai terkenal di kalangan pembalap liar dalam cerita setelah Takumi memakainya untuk mengalahkan Keisuke Takahashi.

Mobil keluarga Fujiwara ini juga dikenal dengan nama The White Ghost of Akina, Panda Trueno, dan Eighty-Six dalam film tersebut. Mobil klasik Toyota ini dipakai oleh Takumi selama 18 tahun kisah Initial D diceritakan. Nizza Hi didesain dengan banyak detail mobil AE-86 Takumi. Seperti namanya mobil panda Trueno, sepatu ini juga didesain dengan kombinasi warna dominan putih dan detail berwarna hitam.

Biasanya kebanyakan sepatu adidas original hasil kolaborasi akan menaruh banyak perhatian di bagian atas sepatu. Namun kali ini, lebih banyak detail ditaruh di bagian sol. BAIT memilih pola ban yang akan makin terkikis seiring pemakaian di bagian sol yang melingkari sepatu.

Di sisi luar, ada bagian sol ban yang terpotong karena ada penempatan logo “Toko Tofu Fujiwara” yang merupakan rumah Takumi di sana. Di sisi dalam sepatu, potongan ini diisi dengan tulisan Initial D. Logo anime ini juga ditempatkan di bagian pergelangan kaki di bagian luar. Kedua logo ini terlihat lebih mencolok karena detail warna merah yang dipakai di sana sangat kontras di sepatu penuh putih hitam ini.

Detail mobil Trueno AE-86 lain yang dipadukan adalah garis-garis hitam di atas sol ban dan satu garis lurus di belakang sepatu. Di atas garis tersebut ada tulisan putih “BAIT” yang mendesain sepatu ini. Di bawahnya adalah desain kotak berdasarkan plat nomor mobil Jepang. Di kedua sisi juga ada bagian yang memakai kulit suede berwarna putih.

Bagian dalam sepatu juga tidak ketinggalan. Bagian sock liner-nya memakai gambar original manga mobil AE-86 milik tokoh utama Initial D tersebut. Tali sepatu yang digunakan juga berwarna putih. Bila membeli sepatu ini, Anda juga langsung mendapatkan paket kaus dan hoodie dengan gambar Initial D.

Toyota Trueno AE-86 atau Toyota Sprinter Trueno 3door GT-APEX AE-86 di dunia nyata sendiri adalah mobil bagian dari seri Toyota Corolla E80. “A” adalah kode untuk seri mesin 4A, “E” untuk kode Corolla, “8” menunjukkan seri generasi E80, sedangkan “6” berarti varian ke-6 dalam generasi tersebut. Toyota AE86 Sprinter Trueno dikeluarkan bersama dengan AE86 Corolla Levin dan sudah berusia hampir 40 tahun.

Sebelum dikenal dalam anime Initial D, mobil panda ini sudah terkenal di kalangan pembalap jalanan sebagai mobil untuk mereka yang suka menantang jalanan gunung. Pembalap profesional Keiichi Tsuchiya yang dikenal sebagai Drift King juga memakai dan memopulerkan mobil ini. Namun lewat manga Shuichi Shigeno inilah di tahun 1995 mobil ini dikenal lebih lanjut dalam masyarakat. Karena kepopuleran kisah Initial D, mobil Trueno AE-86 pun masuk dalam deretan mobil koleksi.

Sepatu BAIT x Initial D x adidas Nizza Hi akan dirilis di web store BAIT pada tanggal 30 Juli nanti. Harga retail yang ditetapkan adalah sebesar $120 atau sekitar Rp 1,7 juta.

Tags :

#
sepatu adidas,
#
adidas,
#
bait x adidas,
#
bait x adidas x initial d,
#
anime initial d,
#
initial d toyota trueno ae-86