MENU
icon label
image label
blacklogo

Archive, Film Tentang Teknologi Yang Berusaha ‘Mengatasi’ Kematian

JUL 13, 2020@11:30 WIB | 4,477 Views

Diproduksi Vertical Entertainment dan dibintangi Theo James, 'Archive' adalah cerita fiksi ilmiah tentang masa depan dengan plot yang didorong oleh Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence), ilmuwan yang berduka, dan juga teknologi.

Film ini berlatar tahun 2038 dan berkisah tentang seorang ilmuwan bernama George Almore (Theo James) yang sedang mengembangkan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) canggih yang dapat setara dengan manusia.

Proyeknya memasuki tahap yang sangat berisiko dengan prototipe terbarunya hampir mendekati akhir tetapi ilmuwan tersebut memiliki agenda rahasia, yaitu menghidupkan manusia yang telah meninggal dunia yang tak lain adalah mendiang istrinya.

Film ini disutradarai Gavin Rothery yang sekaligus menjadi penulis plot cerita dari film Archive ini. Rothery sebelumnya bekerja sebagai ilustrator dan komikus dan telah terlibat dalam industri game selama bertahun-tahun. Rothery berspesialisasi dalam fiksi ilmiah dan sebelumnya telah membuat film pendek fiksi ilmiah apokaliptik berjudul 'The Last Man'.

Film ini pun dibintangi oleh Cora Palfrey, Philip Herd dan tentu saja sang aktor utama Theo James. Pada film sebelumnya yang berjudul 'Divergent', Theo berperan sebagai George Almore yang merupakan seorang ilmuwan yang bekerja pada Kecerdasan Buatan (AI) tingkat lanjut.

James adalah aktor, sutradara, produser, dan musisi asal Inggris yang karya-karyanya paling terkenal termasuk 'The Divergent Series' dan 'Golden Boy'.

Menurut kabar terakhir, film 'Archive' ini akan dirilis melalui Video-On-Demand pada 10 Juli 2020 lalu. Film ini awalnya dijadwalkan tayang perdana di SXSW sebelum festival ditutup karena lockdown yang diterapkan karena pandemi Covid-19.

Trailer

Cuplikan untuk film ini dirilis secara online pada 12 Juni 2020 lalu, memberikan lebih banyak wawasan tentang latar belakang film. Tampaknya ada beberapa jenis teknologi yang disebut Archive yang memungkinkan manusia untuk menyimpan pikiran mereka setelah kematian dan George Almore (Theo James) sedang berusaha menemukan cara untuk mengintegrasikan teknologi itu ke dalam tubuh robot demi menghidupkan kembali istrinya. Tentu saja terdengar seperti premis yang sangat berbahaya dan akan menarik bagaimana jalan cerita selanjutnya. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
archive,
#
review film,
#
artificial inteligence,
#
kecerdasan buatan,
#
theo james,
#
film fiksi ilmiah