MENU
icon label
image label
blacklogo

Akhirnya Avatar Tumbang! Cameron Ucapkan Selamat Buat Endgame

JUL 23, 2019@12:05 WIB | 245 Views

James Cameron memberi selamat kepada Avengers: Endgame karena berhasil melampaui rekor box office global sepanjang masa milik Avatar. Selama lebih dari dua dekade, Cameron memerintah sebagai raja box office, dengan Titanic dan kemudian Avatar naik ke posisi # 1 di peringkat raihan sepanjang masa. Dalam kasus yang terakhir, itu meraup 2,789 miliar dolar AS di seluruh dunia yang mencengangkan. Pada saat itu berakhir, angka ini tampaknya tidak akan terjangkau oleh film lain. Bahkan kembalinya Star Wars yang sangat terkenal di tahun 2015 tidak dapat menggeser Avatar dari posisi teratas, membuat sebagian orang percaya bahwa rekor itu tidak akan pernah terpecahkan.

Dalam sedekade sejak rilis Avatar, tidak ada yang mendekati bahkan menyamai totalnya. Tetapi Endgame adalah bintang yang sama sekali berbeda. Menyerbu keluar dari gerbang dengan raupan 1,5 miliar dolar hanya di akhir pekan pembukaannya, acara sinematik monumental Marvel itu dengan cepat memantapkan dirinya sebagai penantang sah pertama untuk Avatar. Tiga bulan dan satu rilis ulang kemudian, Endgame akhirnya melampaui Avatar di box office dan saat ini mencapai 2,790 miliar dolar di seluruh dunia. Sekarang, Cameron pun mengangkat topinya pada pencapaian Marvel Studios.

Akun resmi Twitter Avatar membagikan pesan dari Cameron mengucapkan selamat kepada Endgame karena telah mengalahkan Avatar. Co-sutradara Endgame Joe dan Anthony Russo juga membalasnya lewat Twitter untuk berterima kasih kepada Cameron karena telah membantu mereka jatuh cinta pada film.

Para pembuat film saling mengakui film yang memecahkan rekor box office mereka telah menjadi semacam tradisi Hollywood. Semua bermula dari Steven Spielberg dan George Lucas yang secara terbuka saling memberi selamat ketika mereka melewati mahkota box office antara satu sama lain selama beberapa tahun (Jaws, Star Wars, dan ET). Contoh terbaru, Presiden Lucasfilm Kathleen Kennedy juga turun ke media sosial ketika Avengers: Infinity War mengalahkan capaian Star Wars: The Force Awakens dalam rekor pembukaan akhir pekan domestik tahun lalu.

Sangat menyenangkan melihat Cameron, yang belum pernah mengatakan hal-hal yang menyanjung tentang film superhero sebelumnya, ikut bergembira dan memberi hormat kepada Endgame. Sementara balasan duo Russo bisa dikatakan cukup berkelas untuk menghadapi sosok sekaliber Cameron, yang terus memiliki dampak yang tidak tertandingi pada film-film blockbuster. Apalagi sulit dipungkiri bahwa karya-karyanya memiliki pengaruh monumental.

Bagi Avatar, berpegang teguh pada mahkota selama 10 tahun adalah prestasi yang luar biasa, terutama mengingat ini adalah film orisinal yang dianggap terlalu berisiko untuk menjadi hit komersial. Bahkan dengan masuknya reboot dan sekuel franchise dalam beberapa tahun terakhir, Avatar tetap di atas dan tampak tidak terkalahkan.

Meski capaian luar biasa, Endgame menghasilkan 2,790 miliar dolar, faktanya Marvel harus menunggu 11 tahun dan 22 film untuk sampai ke sana. Avatar menghasilkan 2,789 miliar dolar dalam sekali percobaan. Sekarang orang mulai bertanya-tanya apakah Avatar 2 nanti akan membuat rekor ketika dibuka dalam beberapa tahun. Well itu masih harus kita tunggu, yang pasti sekarang… Congrats Endgame.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
avatar,
#
avenger endgame,
#
james cameron