MENU
icon label
image label
blacklogo

3 Hari Pembukaan, Hobbs & Shaw Puncaki Box Office

AUG 05, 2019@10:43 WIB | 172 Views

Hobbs & Shaw, spin off waralaba Fast & Furious yang dibintangi Dwayne Johnson-Jason Statham, melaju ke posisi teratas box office lokal Amerika dengan raihan 60,8 juta dolar dari debutnya di 4.253 bioskop. Film ini juga berjalan dengan baik secara global dengan meraup sekitar 120 juta dolar, dan membuatnya mencatatkan total sekisar 180 juta dolar untuk debut weekend-nya saja.

Sementara itu mendominasi tempat kedua adalah film reboot live action Disney, The Lion King, yang terus meraung di box office dengan menambahkan 38,2 juta dolar ke total domestiknya di akhir pekan ketiganya. Tempat ketiga adalah sebuah film original karya Quentin Tarantino, Once On a Time in Hollywood, yang mengumpulkan sekitar 20 juta dolar di akhir pekan keduanya di bioskop.

Hobbs & Shaw menandai spin off yang sangat dinanti-nantikan untuk franchise Fast & Furious, yang ceritanya berfokus pada dua karakter paling populer - Dwayne Johnson (Hobbs) dan Jason Statham (Shaw). Dengan anggaran produksi 200 juta dolar, film ini tampaknya dalam jalur yang tepat untuk kembali melambungkan nama waralaba tersebut sebelum angsuran selanjutnya keluar tahun depan.

Sayangnya, meski Hobbs & Shaw memenangkan box office akhir pekan ini, tetapi film tersebut masih berakhir dengan pembukaan Fast and Furious terburuk sejak 2009. Setelah beberapa angsuran yang memiliki keberhasilan moderat baik di dalam negeri maupun internasional, waralaba berharga Universal muncul sebagai salah satu properti film terkemuka dekade ini sejak 2011. Tahun itu, Fast Five dirilis dan melampaui harapan dengan meraup 626,1 juta dolar di seluruh dunia. Sejak itu, Fast and Furious telah menjadi sumber uang yang sangat andal untuk studio, dengan dua entri terbaru melampaui nilai 1 miliar dolar.

Menurut Box Office Mojo, capaian 60,8 juta dolar Hobbs & Shaw di dalam negeri selama tiga hari pertama merupakan akhir pekan pembukaan terburuk untuk waralaba tersebut sejak Fast and Furious 2009, yang menghasilkan 70,9 juta dolar pada akhir pekan pembukaannya. Hobbs & Shaw bahkan membuat kurang dari yang diproyeksikan sekitar 66 juta dolar.

Meskipun begitu, ada baiknya menyebutkan ini terlalu dini untuk menulis Hobbs & Shaw sebagai kekecewaan. Bagaimanapun juga, Hobbs & Shaw dibuka dengan mendapatkan nilai A- dari CinemaScore, yang menunjukkan bahwa kemungkinan ia akan terus meningkatkan total pendapatannya di minggu-minggu mendatang. Saat ini, total globalnya sudah mencapai 180 juta dolar hanya dalam 3 hari (dibandingkan dengan anggaran produksi sebesar 200 juta dolar), sehingga tampaknya mereka telah berada di jalur yang benar.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
hobbs and shaw,
#
dwayne johnson,
#
jason statham,
#
fast and furious,
#
box office