MENU
icon label
image label
blacklogo

Waspada Penularan Virus, Ini Dia Tips Membersihkan Ponsel

AUG 25, 2020@11:00 WIB | 1,244 Views

Wabah virus corona yang meresahkan diketahui dapat menyebar dengan mudah, salah satunya lewat permukaan benda. Meskipun ini bukan cara utama penularan, tetapi tak dapat dipungkiri bahwa permukaan benda memang berpotensi menularkan virus atau bakteri. Studi awal menunjukkan bahwa RNA dari virus corona dapat bertahan di beberapa permukaan benda selama sembilan hari atau bahkan lebih lama. Tetapi sejauh ini tidak ada cukup bukti untuk menentukan apakah virus dapat menginfeksi  setelah waktu tersebut.

Saat kasus ini merebak, kebiasaan baru yang semula sepele berubah jadi kebiasaan wajib, termasuk membersihkan ponsel. Sebagai benda yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, ponsel bisa saja dihinggapi virus atau bakteri, terlebih bila kita menyentuh wajah setelah menggunakannya.

Bagi yang memiliki ponsel tahan air seperti iPhone 7 ke atas, dan Galaxy S, Anda dapat membilasnya dengan air. Ponsel ini memang dapat menahan perendaman hingga 30 menit di air sedalam 90cm, namun akan lebih baik bila menggunakan kain basah atau lembab untuk membersihkannya.

Setelah itu, hilangkan air pada ponsel menggunakan kain kering dan lembut. Serta pastikan untuk mengeringkan semua speaker dan port yang tersedia. Apabila ponsel dibilas di bawah air keran yang mengalir dan membuat air masuk ke port, maka tunggulah hingga ponsel benar-benar kering.

Selain membilas dengan air, Anda dapat membersihkan ponsel menggunakan alkohol. Ini dapat diaplikasikan untuk semua jenis ponsel, baik untuk yang anti air maupun yang tidak. Akan tetapi, hindari menuangkan alkohol secara langsung ke permukaan layar, karena ini dapat menghilangkan lapisan oleofobik dan hidrofobik yang mencegah minyak.

Cara terbaik adalah dengan menuang alkohol pada tisu atau kain lembut, lalu usap ponsel hingga bersih. Atau bisa juga menggunakan tisu disinfektan seperti Clorox Wipes atau sejenisnya, yang sudah tersedia di pasaran. Pastikan pula tisu mengandung 70% alkohol isopropil yang ampuh membunuh kuman.

Di samping mencegah virus, Anda juga dapat membersihkan ponsel menggunakan kain mikrofiber yang dibasahi. Ini bukan untuk menangkal virus, namun untuk membersihkan bekas sidik jari yang tampak pada permukaan layar.

Selain itu, untuk bagian port yang terkadang kemasukan debu atau serat, Anda dapat menyiasatinya menggunakan selotip. Caranya adalah dengan menggulung selotip dan menempatkannya ke port. Dengan demikian ponsel Anda akan bersih dan mengkilap, seperti baru.

Perlu diperhatikan, tidak semua bahan kimia pembunuh kuman dapat diaplikasikan pada ponsel. Bukannya membersihkan, efek yang dihasilkan justru bisa merusak. Beberapa item yang harus dihindari seperti hand sanitizer, cuka, pembersih make up, sabun mandi, dan paper towel. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips bersihkan ponsel,
#
tips cegah corona,
#
cara bersihkan handphone,
#
virus corona