MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Mengontrol Stres Secara Efektif dan Dapat Meningkatkan Energi Anda (Part 2)

SEP 07, 2021@19:00 WIB | 92 Views

Stres secara berlebihan akan berdampak negatif dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Pada artikel sebelumnya Anda sudah mengetahui dampak negatif yang ditimbulkan oleh alkohol dalam permasalahan mengontrol emosi Anda, serta kiat untuk menghindari dan meningkatkan energy Anda. Mengontrol emosi Anda bukanlah hal yang mudah dan bisa begitu saja Anda lakukan. Ikuti prosesnya sehingga Anda dapat merasakan energi Anda yang terus meningkat.

Jika Anda bisa mengontrol emosi Anda sendiri, hidup Anda akan terasa lebih baik dari sebelumnya. Berikut adalah lanjutan kiat serta dampak yang akan membantu Anda dalam mengontrol stress serta meningkatkan energy Anda.

4. Masalah Kecil Bisa Memperparah Stres

Pernahkah Anda terlambat membayar tagihan? Untuk alasan apa pun, dana tidak tersedia, hilang melalui pos, dan lain-lain, lalu pembayaran Anda tidak terkirim tepat waktu. Setelah terjadi masalah ini, apakah Anda mencoba menyelamatkan diri dari kekhawatiran dengan membuang pemberitahuan itu ke tempat sampah? Atau apakah Anda segera mengatasinya untuk mencegah potensi biaya, gangguan pada kredit Anda, dan kehilangan layanan?

Jika Anda adalah orang yang bertanggung jawab secara fiskal, kemungkinan besar Anda akan segera mengambil tindakan tidak peduli seberapa frustasi rasanya saat itu. Hal yang sama berlaku untuk mengatasi stres. Mungkin kita merasa seperti menghemat energi dan meningkatkan suasana hati kita dengan mengalihkan pikiran kita dari situasi stres, tetapi kenyataannya adalah mengabaikan masalah kita tidak akan menyelesaikannya, dan sering kali memperburuknya.

Satu-satunya jalan keluar adalah melalui. Ini berarti kita harus menghadapi rintangan kita secara langsung, mulai dari kecerdasan emosional dan kedewasaan.

Kiat Tindakan: Alih-alih menuju bar, tanyakan pada diri sendiri, "Apa satu tindakan kecil yang dapat saya lakukan sekarang untuk memulihkan sumber stres ini?" Dalam contoh tagihan, bahkan jika Anda tidak memiliki uang untuk membayarnya segera, langkah-langkah lain dapat diambil untuk penyelesaian. Anda dapat menghubungi penagih dan meminta perpanjangan atau membuat rencana cicilan untuk membayar dalam segmen kecil-kecilan.

Apa pun masalahnya, memecahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan mengambil tindakan secara individual dapat memberikan kelegaan besar dan membantu dalam menavigasi langkah selanjutnya untuk mendamaikan penyebab stres untuk selamanya.

Baca juga: Tips Mengontrol Stres Secara Efektif dan Dapat Meningkatkan Energi Anda (Part 1)

5. Respons Stres yang Tinggi

Kita telah membahas efek "peredam respons stres" yang disebabkan oleh alkohol. Bukankah itu berarti alkohol mengurangi stres? Ingat, efek menenangkan ini hanya sementara. Faktanya, alkohol benar-benar memperbaiki otak kita, membuatnya tidak mampu mengatasi stres.

Seiring waktu, stimulasi "merasa baik" buatan yang diterima otak kita dari minum membuat kita secara neurologis tidak dapat mengalami kesenangan dari aktivitas sehari-hari yang pernah kita nikmati, seperti melihat teman, membaca buku, atau bahkan berhubungan seks. Omong-omong, semua ini merupakan aktivitas pengendalian stres yang efektif. Efek ini tidak terbatas pada waktu saat kita minum.

Sama seperti obat apa pun, otak kita membangun toleransi dengan penggunaan alkohol berulang kali. Inilah sebabnya mengapa Anda akan melihat bahwa 1-2 minuman yang digunakan untuk menghilangkan keunggulan akhirnya berhenti bekerja. Seiring waktu, biasanya secara bertahap membutuhkan 3, 4, atau lebih koktail untuk mengalami efek relaksasi yang sama. Menyadari eskalasi dalam diri kita ini dapat menyebabkan lebih banyak kecemasan, kemudian muncul ketakutan akan rasa malu dan stigma. Ini adalah cara lain di mana menggunakan alkohol menjadi bumerang, menyebabkan lebih banyak kecemasan dan menguras energi kita.

Kiat Tindakan: Nilai kebiasaan Anda dan jujurlah pada diri sendiri. Jika Anda merasa khawatir atau cemas tentang penggunaan alkohol Anda, atau efeknya tidak terasa sebaik dulu, mungkin inilah saatnya untuk membuat perubahan. Hindari "melabeli" diri Anda sendiri - ini melanggengkan negativitas dan sering mencegah orang mencari jawaban dan dukungan. Anda tidak harus menjadi seorang pecandu alkohol untuk memutuskan untuk mengubah hubungan Anda dengan alkohol.

Baca juga: Cara Bagaimana Anda Bisa Mengelola Energi Emosional Untuk Mendapatkan Hidup Sejahtera

Kesimpulan: Kepemimpinan Diri Adalah Solusinya

Menghindari perasaan kita secara budaya populer dan dapat diterima, tetapi tidak efektif dalam menghilangkan stres dan biasanya melibatkan praktik yang semakin menguras suasana hati dan energi kita. Menghadapi emosi kita secara langsung dan sengaja memungkinkan kita untuk mencapai penghilangan stres yang tidak dibuat-buat.

Kita tidak akan pernah benar-benar menghilangkan stress, kehidupan pada dasarnya pasang surut. Tetapi berbekal pengetahuan dan alat yang dibagikan di atas, kita dapat memperoleh kembali kendali atas energi dan emosi kita untuk mendapatkan kembali kehidupan yang bahagia dan sehat. Hanya perlu beberapa perubahan sederhana untuk menunjukkan diri kita sendiri dengan kebiasaan yang mendukung kita.[shf/timBX]

Tags :

#
tips,
#
tips untuk pria,
#
mengontrol stres,
#
tips mengontrol stres,
#
meningkatkan energi anda