MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Membawa Laptop Saat Mudik

MAY 26, 2019@10:50 WIB | 30 Views

Lebaran kurang lebih 10 hari lagi. Seperti biasa tradisi penduduk negeri ini untuk pulang kampung, atau yang biasa disebut mudik, akan berlangsung mendekati hari H. Lain dengan dulu di mana mudik hanya dengan membawa sejumlah pakaian dan oleh-oleh, kini kita tentunya akan membawa beberapa gadget yang bisa tetap menyokong gaya hidup digital kita.

Selain handphone yang sudah menjadi keharusan sebagai moda komunikasi, laptop juga pastinya ingin kita bawa untuk berbagai kepentingan di kampung nanti. Mulai dari sekadar alat hiburan untuk menyetel film, hingga mungkin membuat beberapa berkas kerja yang bisa saja tiba - tiba dibutuhkan. Apalagi bagi mereka yang berprofesi sebagai blogger, youtuber, programmer, dan freelancer, laptop merupakan barang yang tidak bisa jauh dari keseharian.

Namun perlu diingat saat di perjalanan tidak jarang terdapat hal gangguan yang mungkin menjadi kendala, seperti berdesak - desakkan saat mengantri naik kapal. Untuk itu bagi yang belum berpengalaman menenteng laptop saat mudik, disarankan mengikuti tip berikut:

1.Pakai Backpack

Pisahkan laptop blackpals dari pakaian atau barang lain dengan menggunakan backpack khusus yang memang diperuntukan buat membawa laptop. Biasanya backpack seperti ini memiliki beberapa kompartemen kecil di dalamnya untuk menaruh perlengkapan penunjang laptop seperti charger, kabel data, mouse, modem, earphone dan komponen lainnya. Harap masukkan laptop ke dalam tas yang posisinya pas di belakang punggung. Ini bertujuan untuk melindungi jika terjadi benturan keras ataupun sampai lepas dari genggaman.

2.Harddisk Eksternal

Hal yang tidak boleh lupa untuk dibawa adalah HDD eksternal. Fungsi tentu saja sebagai tempat back up data blackpals. Selain data hasil foto dan video saat mudik, HDD eksternal juga bisa menjadi tempat menyimpan banyak film untuk ditonton bersama di kampung loh. Taruhlah HDD eksternal di backpack bersama perlengkapan penunjang lainnya.

 3. Charger dan Kabel sambungan listrik

Jangan sampai charger laptop lupa dibawa blackpals. Karena alat ini menjadi sumber utama dari proses transfer listrik terhadap komponen laptop. Satu lagi, sebagai antisipasi ada baiknya membawa kabel sambungan atau kabel gulung. Karena kita tidak bisa memastikan apakah akan tersedia lubang steker yang memadai di kampung nantinya. Lebih baik datang dengan persiapan cukup daripada harus kerepotan nantinya.

Selain ketiga tip di atas, ada baiknya blackpals juga membawa cooling pad dan meja laptop atau yang bisa berfungsi sebagai keduanya sekaligus. Ini diperlukan karena laptop jika beralaskan bidang yang lembut seperti kain, jeans, sofa, dan kasur akan cenderung membuat panas. Cooling pad juga membantu sirkulasi udara dalam laptop agar tidak cepat panas atau malah overheat. Sebagai akhir kata, selamat mudik dan stay safe selalu blackpals.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
mudik,
#
laptop,
#
backpack