MENU
icon label
image label
blacklogo

Memilih Kamera Idaman

JUN 06, 2019@10:50 WIB | 46 Views

Fotografi sudah menjadi semacam hobi global yang kian menjamur. Terlebih dengan berkembangnya media sosial, semakin banyak orang yang mencoba lebih mendalami hobi  ini atau hanya sekadar suka mengabadikan setiap kegiatan mereka. Meski kebanyakan handphone sekarang sudah dilengkapi dengan kamera mumpuni, tapi sebenarnya kualitasnya masih kalah dibanding kamera terdedikasi.

Namun perlu diingat jikalau membeli kamera adalah keputusan besar. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kamera pertama Anda. Berikut 3 hal yang harus diperhatikan sebelum membeli sebuah kamera.

Langkah pertama dalam memilih jenis kamera yang akan dibeli adalah memutuskan anggaran yang realistis. Tentukan seberapa besar anggaran yang Anda miliki untuk kamera. Ini adalah cara yang baik untuk mengukur kualitas kamera apa yang akan Anda beli. Kamera yang lebih besar dan lebih mewah dengan gambar beresolusi tinggi dan lensa yang dapat dipertukarkan — seperti DSLR — dapat berharga lebih dari 1.000 dolar Amerika. Sedangkan kamera point-and-shoot (disebut juga kamera compact atau saku) memiliki banderol yang lebih murah bisa hanya 150 dolar saja.

Sebagai contoh, dengan anggaran yang dibatasi pada 500 dolar Anda sudah mengesampingkan banyak kamera dari daftar pilihan. Itu setidaknya dapat membantu membuat keputusan untuk Anda.

Berikutnya adalah pertimbangkan seberapa sering Anda akan menggunakan kamera. Kamera terbaik untuk Anda akan bervariasi berdasarkan apakah Anda akan menggunakan kamera tersebut setiap hari, bulanan, atau hanya beberapa kali setiap tahun. Semakin banyak Anda menggunakannya, semakin masuk akal untuk berinvestasi sedikit lebih banyak.]

Jika yang Anda butuhkan hanyalah kamera untuk snapshot liburan, maka model kamera saku yang murah mungkin lebih baik untuk Anda. Namun bila Anda akan menggunakan kamera setidaknya sekali seminggu (apakah sebagai hobi atau untuk tujuan profesional) pertimbangkan kamera mirrorless yang lebih mahal atau sekalian saja DSLR (Digital Single Lens Reflex). Apabila lebih banyak melakukan kegiatan foto di alam terbuka sembari traveling,tipe action cam adalah pilihan ideal.

Terakhir pikirkan dalam konteks apa Anda akan menggunakan kamera. Kamera yang bagus untuk potret studio tidak akan menjadi kamera yang bagus untuk melakukan perjalanan hiking atau backpacking. Jika Anda berencana bepergian dengan kamera atau memotret di luar ruangan, beli kamera yang tidak akan membuat bangkrut untuk reparasinya. Actioncam pilihan bagus untuk kegiatan foto ektrim di luar ruangan. Sementara jika Anda berencana untuk memotret hanya foto dalam ruangan berkualitas tinggi, pilihlah DSLR yang mahal atau mirorless.

Di samping 3 hal di atas, sebelum membeli kamera ada baiknya Anda menjajal tipe yang ingin dibeli dengan meminjam dari teman atau keluarga. Terutama jika Anda mempertimbangkan untuk membeli kamera dengan harga ribuan dolar. Pastikan Anda menyukai tingkat kontrol yang diberikan kamera kepada Anda, serta ukuran dan rasanya. Oh ya, untuk DSLR selalu pilih dari merek - merek yang sudah ternama.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
dslr,
#
mirrorless,
#
compact camera