MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Hasilkan Foto Double Exposure

SEP 07, 2018@19:00 WIB | 750 Views

(Foto double exposure bisa Anda buat menggunakan kamera DSLR atau mirrorless)

Foto double exposure merupakan salah satu teknik yang populer sejak kamera masih menggunakan film di dalamnya. Namun, membuat foto double exposure menggunakan kamera DSLR atau mirrorless bukan hal yang mustahil dilakukan. Pasalnya, beberapa kamera DSLR dan mirrorless yang beredar saat ini kebanyakan sudah dibekali dengan mode double exposure.

Mau mencoba membuat foto double exposure dengan kamera DSLR atau mirrorless milik Anda? Simak tips di bawah ini!

Tentukan obyek

(Tentukan obyek foto yang Anda inginkan)

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan adalah menentukan obyek untuk membuat foto Anda. Tidak ada aturan khusus untuk menentukan obyek. Anda bisa memilih foto lanskap, portrait, atau bahkan suasana perkotaan. Yang penting Anda nyaman dengan obyek tersebut.

Lihat pengaturan kamera

Perlu diketahui, setiap kamera memiliki karakteristiknya sendiri dalam membuat foto double exposure. Beberapa kamera akan mengambil foto double exposure dalam format JPEG, namun ada pula yang menggunakan format RAW.

Tak hanya itu, ada kamera yang mengharuskan penggunanya mengambil foto secara berurutan untuk membuat double exposure, namun ada juga yang tidak. Nah, di tips ini, kami asumsikan bahwa Anda akan mengambil dua gambar secara berurutan kemudian kamera yang akan menggabungkan kedua gambar tersebut.

Atur mode double exposure

(Masuk ke mode double exposure melalui menu kamera)

Atur kamera Anda agar memasuki mode double exposure. Perhatikan, mode ini bisa saja Anda temukan di menu kamera. Jika kamera Anda menawarkan pilihan jumlah gambar yang dapat diambil, pilih dua saja untuk permulaan.

Selanjutnya, atur kamera ke mode apperture priority, kemudian pilih bukaan sedang, kira-kira pada f/5.6. Nantinya Anda dapat mengatur exposure berbeda pada setiap pengambilan gambar.

Ambil gambar

(Ambil gambar secara berurutan)

Gunakan Live View untuk megambil gambar pertama Anda. Kemudian ikuti instruksi yang muncul pada layar. Kemudian ambil gambar kedua. Pastikan Anda menggunakan exposure yang berbeda dari gambar awal agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Edit foto

(Jangan lupa edit foto yang sudah Anda ambil)

Bagaimana pun juga, Anda harus mengedit foto yang sudah Anda ambil agar hasilnya lebih maksimal. Anda bisa menggunakan Photoshop untuk melakukannya. Mudahnya, gunakan saja level adjusment dengan menekan kombinasi ctrl + L pada keyboard Anda. Tandai wilayah yang paling terang dan paling gelap untuk mendapatkan kontras terbaik.

Bukan hal mudah untuk membuat sebuah foto double exposure. Jika dalam percobaan pertama hasilnya belum maksimal, jangan patah arang, Lakukan lagi percobaan kedua dan seterusnya. Lama kelamaan, hasilnya akan tampak lebih baik. Selamat mencoba! [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
fotografi,
#
double exposure,
#
dslr,
#
mirrorless