MENU
icon label
image label
blacklogo

Intip Cara Ubah Kamera Jadi Webcam

AUG 11, 2020@18:30 WIB | 1,534 Views

Di era pandemi seperti sekarang, webcam kini menjelma jadi salah satu fitur yang sering digunakan. Meski kualitasnya bukan yang terbaik, webcam masih layak apabila digunakan hanya untuk sekedar konferensi video. Tetapi untuk Anda pecinta kualitas dan ketajaman gambar, menggunakan DSLR atau mirrorless dapat jadi pilihan.

Kamera DSLR atau mirrorless memang tidak selalu dirancang untuk diubah sebagai webcam, tetapi perusahaan kamera menyadari peluang ini. Oleh karenanya mereka merilis sejumlah produk terbaru yang sudah dilengkapi dengan perangkat lunak, sehingga memungkinkannya digunakan sebagai webcam. Berikut ini cara mengubah kamera Anda jadi webcam.

Untuk Anda pemilik kamera Fujifilm, cara mengubahnya menjadi webcam sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengunduh perangkat lunak Fujifilm X Webcam. Nyalakan kamera lalu putar drive dial dan atur ke "S" (single shot). Selanjutnya buka pengaturan kamera Anda> Pengaturan Koneksi> Mode Koneksi dan pilih USB Otomatis.

Tak hanya Fujifilm, Canon juga bisa digunakan sebagai webcam dengan langkah serupa. Mulai dengan buka situs web Canon Webcam Utility, lalu unduh dan instal perangkat lunak. Hidupkan kamera Anda dan putar tombol ke mode film dan jangan lupa menyesuaikan eksposur ke tampilan yang diinginkan.

Begitu pula halnya dengan Olympus yang tak ketinggalan merilis perangkat lunaknya. Cara mengubah kamera ini jadi webcam diawali dengan mengunduh software Olympus OM-D Webcam Beta. Hubungkan kamera ke computer dengan kabel, lalu nyalakan kamera dan atur ke mode video. Pergi ke pengaturan kamera dan pilih continues autofocus. Anda pun tinggal melakukan konferensi video dan memilih Olympus sebagai kamera aktif.

Pemilik Nikon jangan berkecil hati karena merek yang satu ini juga bisa digunakan sebagai webcam. Caranya mirip, hanya dengan mengunduh aplikasi SparkoCam, menghubungkan kamera ke komputer, dan membuka software SparkoCam tersebut. Pilih kamera Nikon Anda untuk pengaktifan dan dapatkan konferensi video dengan kualitas terbaik.

Selanjutnya ada kamera Panasonic, yang juga memiliki fitur untuk digunakan sebagai webcam, tetapi dengan cara yang cukup panjang. Pertama, unduh aplikasi Lumix Tether, hubungkan kamera ke komputer lalu nyalakan kamera dan atur ke mode PC. Atur kamera ke mode video dan ubah tombol AF ke AFC.

Selanjutnya buka pengaturan kamera > Movie Mode > Continues AF > Pilih Mode 2. Lalu buka pengaturan deteksi wajah > mode AF dan pilih deteksi wajah atau mata. Berikutnya luncurkan aplikasi Lumix Tether dan klik tombol LV (live view). Kemudian klik tombol kotak di sudut kiri atas layar tinjauan langsung untuk menghapus hamparan GUI.

Unduh OBS Studio dan plug-in OBS Virtualcam, lalu luncurkan OBS Studio. Di bawah Sources, klik tombol + dan pilih Window Capture dan klik OK. Di bawah "Jendela", pilih LUMIX Tether Live View, kemudian  buka Tools > Virtualcam dan klik Mulai. Luncurkan aplikasi panggilan video pilihan dan kamera Panasonic Anda menjelma jadi webcam. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
tips kamera,
#
cara buat kamera jadi webcam,
#
tips webcam,
#
fujifilm x webcam