MENU
icon label
image label
blacklogo

Catat, Ini Cara Mengunduh Google Photos

MAY 21, 2021@09:00 WIB | 176 Views

Google akan menerapkan batas penyimpanan foto gratis di Google Photos mulai tanggal 1 Juni 2021. Batas maksimal penyimpanan file di Google Photos sebesar 15 GB. Jika kapasitas tersebut penuh, maka untuk bisa menyimpan foto selanjutnya di Google Photos harus berlangganan dan ada tarifnya.

Kebijakan baru ini tentu bukan masalah bagi BlackPals yang tidak banyak menyimpan foto atau video di Google Photos. Namun, jika BlackPals senang mengabadikan moment dalam bentu foto dan selalu disimpan di Google Photos, sepertinya BlackPals harus mulai mengunduh foto-foto di Google Photos. Tujuannya supaya BlackPals tetap bisa menyimpan foto-foto jepretan selanjutnya tanpa harus berlangganan.

Hal ini juga berlaku bagi BalckPals yang menggunakan ponsel Pixel. Di mana foto BlackPals tetap tidak akan menggunakan penyimpanan secara total. Walaupun foto-foto BlackPals tersebut akan menjadi gambar yang terkompresi otomatis dengan "kualitas tinggi" dari Google, bukan aslinya. Namun demikian, jika BlackPals ingin mengambil foto dalam jumlah banyak, bersiaplah untuk membayar penyimpanan "Google One".

Sebenarnya ini bukan masalah besar, melainkan hanya soal pilihan. Apakah BlackPals akan berlangganan atau tidak. Sebab Google One terbilang tidak terlalu mahal, dan sebanding dengan layanan foto lainnya. Namun jika BlackPals memutuskan ingin memindahkan foto ke layanan lain - atau hanya ingin menyimpannya ke drive komputer atau penyimpanan lokal lainnya - BlackPals harus mengekspornya dari Google Photos terlebih dahulu. Adapun caranya sebagai berikut:

Goole Takeout

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah BlackPals tidak bisa begitu saja membuka Google Photos dan mendownload file. BlackPals harus menggunakan alat ekspor Google.

- Buka Google Takeout. BlackPlas dapat membuka halaman serupa saat berada di Google Photos dengan memilih Setelan/Setting, kemudian scroll ke bawah, lalu "Ekspor data", dan klik "Cadangkan/Backup".

- Setelah itu BlackPals akan menemukan daftar panjang Google Apps BlackPlas: semua akan diperiksa sebelumnya. Jika BlackPals ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk mendownload semua data Google BlackPlas, biarkan saja; jika tidak, cari tautan "Hapus semua/Diselect all" di bagian atas kotak centang kemudian 'klik'.

- Gulir ke bawah sampai ketemu "Google Photos"

- Jika BalckPals ingin tahu data dalam format apa yang akan BlackPals ekspor, klik tombol yang bertuliskan "Beberapa format/Multiple formats". Pada dasarnya, foto akan diekspor dalam format (PNG, JPG, WEBP) yang diimpor, video akan diekspor dalam format MP4, dan metadata akan diekspor dalam format teks JSON.

- BlacPlas juga dapat memilih untuk tidak mengekspor semua album BlackPals. Tombol kedua di bawah "Google Photos" mungkin akan membaca "All photo albums included." Namun jika BlackPlas hanya ingin mengekspor beberapa album, klik di atasnya kemudian hapus centang pada album mana pun yang tidak ingin diekspor.

- Gulir ke bawah, klik "Next Step"

- Sekarang BlackPals dapat memilih dari berbagai opsi berbeda: Apakah data BlackPals ingin dikirim melalui email sebagai lampiran atau dikirim ke Drive, OneNote, Dropbox, atau Box; seberapa sering BlackPals ingin data diekspor (baik ini sekali atau setiap dua bulan selama setahun); jenis file yang akan diunduh (file terkompresi ZIP atau TGZ); dan seberapa besar BlackPals ingin file yang diekspor. Misalnya, jika file yang diekspor lebih besar dari 2 GB, BlackPals dapat membaginya menjadi lebih dari satu file. Misalnya, BlackPals memiliki sekitar 39GB foto, sehingga menghasilkan 19 file zip. BlackPals dapat meminta file hingga 50GB, tetapi Google menyatakan bahwa file yang dikompresi di atas 2GB akan dikirim dalam format Zip64.

- Klik "Create export"

Terakhir, semua proses selesai. Google akan memperingatkan BlackPals bahwa perlu waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari sampai data BlackPals tersedia. Misalnya, BlackPals memiliki beberapa ribu foto, dan hanya butuh sedikit lebih dari setengah jam agar tautan ke ekspor BlackPals muncul di email BlackPals. Tentu saja, bergantung pada koneksi internet, dibutuhkan waktu lebih lama dari itu untuk benar-benar mengunduh semuanya. Dan selamat mencoba! [asl/timBX]

Tags :

#
google photos,
#
kebijakan baru google photos,
#
fitur google photos,
#
goole takeout,
#
cara mengunduh google photos,
#
tips google photos