MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mudah Back Up Foto-foto Google

JUN 19, 2019@11:18 WIB | 839 Views

Sebagaimana yang diketahui bahwa foto dan drive tidak lagi disinkronkan secara otomatis. Dengan kata lain, bahwa sekarang ini fitur sinkronisasi otomatis antara Foto Google dan Google Drive akan hilang, lalu bagaimana Anda bisa yakin bahwa foto dan video Anda dicadangkan dengan aman?

Sebenarnya ini adalah hal yang sangat sederhana. Foto-foto Anda dapat dicadangkan ke Foto Google baik melalui aplikasi selulernya atau menggunakan aplikasi Google Backup and Sync untuk Windows dan sistem macOS. Jika Anda memutuskan untuk menghapus aplikasi Foto dari ponsel Android Anda, Pencadangan (back up) dan Sinkronisasi tidak akan mati secara otomatis, jadi Anda ingin mematikannya sebelum Anda menyingkirkan aplikasi tersebut. (Ini tidak terjadi dengan iPhone.)

Google mengakhiri integrasi antara Foto Google dan Drive karena tampaknya terlalu membingungkan penggunanya. Jika Anda mengunggah foto Anda dalam apa yang oleh Google disebut "kualitas tinggi" (dengan kata lain, menggunakan kompresi Google), foto-foto tersebut tidak akan dihitung berdasarkan kuota penyimpanan Anda. Namun, jika Anda mengunggahnya tanpa kompresi (dalam apa yang Google sebut "kualitas asli"), foto-foto tersebut akan melakukannya, dan jika Anda mengunggah foto dengan size besar, Anda dapat kehabisan ruang penyimpanan dengan sangat cepat. Jika itu terjadi, dan Anda tidak ingin membeli ruang tambahan, itu sebenarnya adalah ide yang bagus untuk mematikan aplikasi.

Back upfoto-foto dari smartphone

Jika Anda menggunakan ponsel Android, maka pastikan bahwa Anda sudah mendapatkan aplikasi Foto Google. Jika tidak, unduh dari Play Store atau App Store dan buka aplikasinya.

Ketuk ikon menu tiga baris dan pilih "Settings".

Ketuk “Backup and sync”.

Pastikan tombol “Backup and sync” disetel ke posisi "aktif (On)". Anda juga dapat mengatur sejumlah fitur lain di sini - misalnya, apakah video juga akan dicadangkan, apakah cadangan juga dapat dilakukan dengan menggunakan data seluler Anda atau hanya melalui Wi-Fi, dan apakah folder lain (selain folder kamera Anda) pada perangkat Anda juga harus didukung.

Back upfoto-foto dari Windows atau sistem MacOS

Jika Anda mengunggah foto dari kamera ke komputer, Anda juga dapat membuat cadangannya ke Google Foto menggunakan aplikasi terpisah. Yakni dengan cara :

Buka halaman Google untuk aplikasi “Backup and sync”. Unduh, instal, dan mulai aplikasi.

Klik "Mulai" (“Get Started”) dan masuk ke akun Google Anda.

Pilih apakah Anda ingin mencadangkan foto dan video, atau file lain juga. Klik "Next"

Pada titik ini, Anda dapat memilih dari folder mana Anda ingin menyimpan fotonya. Anda juga memilih apakah Anda ingin foto tersebut disimpan dalam "Kualitas tinggi" atau "Kualitas asli" (“High quality” or “Original quality”).

Jika Anda mengklik “Advanced settings” di bagian bawah halaman, Anda dapat memilih apakah Anda ingin menyinkronkan file komputer Anda dengan Google Drive Anda. (Ini berbeda dari sinkronisasi otomatis yang, sampai saat ini, terjadi dengan Foto karena dilakukan secara sukarela melalui aplikasi ini, dan dapat menyertakan file lain selain foto.)

Klik "Mulai" atau “Start”. Foto Anda akan mulai dicadangkan; ketika aplikasi selesai, Anda dapat pergi ke Foto Google di web dan menemukannya di sana.

Anda akan melihat ikon baru di bilah alat teratas. Jika Anda mengklik ikonnya, ia akan memberi tahu Anda file mana yang baru saja diunggah, dan yang dilewati, baik karena sudah ada di Foto Google atau karena terlalu besar (75MB ​​atau 100MP untuk foto, 10GB untuk video) atau terlalu kecil (di bawah 256 x 256).

Satu hal yang perlu diingat: jika ini adalah foto penting bagi Anda, baik untuk alasan profesional atau pribadi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan program cadangan berfitur lengkap (yang akan mendukung data Anda ke drive terpisah) atau layanan (yang akan mengembalikan data Anda ke cloud), karena mereka dapat memberikan alat tambahan dan opsi pemulihan yang lebih bervariasi. So, selamat mencobanya!

Tags :

#
tips back up foto,
#
google drive,
#
google photo,
#
windows,
#
smartphone,
#
macos