MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Memindai Komputer Anda dari Malware

AUG 19, 2020@19:30 WIB | 218 Views

Saat ini, sistem operasi komputer telah jauh lebih baik dalam melindungi pengguna dari ancaman online seperti malware dan virus. Namun, pada akhirnya, jika Anda tidak berhati-hati, komputer Anda masih bisa terinfeksi. Jadi, bagaimana Anda tahu jika komputer Anda telah terinfeksi oleh malware, dan yang lebih penting, bagaimana Anda bisa menghapusnya?

Tanda-tanda Terinfeksi Malware

Jika suatu hari tiba-tiba, PC Anda mulai bertingkah dan melakukan hal-hal yang tidak biasanya, itu adalah tanda mungkin ada sesuatu yang salah. Mungkin ada banyak alasan mengapa hal ini bisa terjadi, seperti perangkat keras yang sudah tua, komponen yang rusak dan tidak berfungsi dengan baik, bug di sistem operasi, atau bisa juga menjadi tanda sesuatu yang lebih jahat.

Misalnya, jika Anda mulai memperhatikan PC Anda berjalan jauh lebih lambat dari biasanya, itu mungkin malware yang berjalan di belakang menghabiskan sumber daya PC Anda. Jadi bagaimana Anda memeriksanya?

Cara Memeriksa Malware

Cara cepat dan sederhana untuk memeriksa malware adalah dengan melihat Task Manager Anda di Windows untuk melihat aplikasi atau layanan apa yang sedang dijalankan saat ini.

1. Buka Task Manager

2. Di bawah Proses, cari perangkat lunak atau layanan yang tampak asing

3. Klik kanan proses dan pilih "Telusuri online"

Apa yang dilakukannya adalah mencari proses secara online untuk melihat apakah orang lain memiliki proses yang sama yang berjalan di komputer mereka. Terkadang suatu proses mungkin tidak Anda kenal, tetapi tidak selalu berarti itu adalah malware atau virus. Jika Anda masih tidak dapat menemukan apa yang sedang terjadi, mungkin inilah saatnya untuk memindai.

1. Buka Keamanan Windows

2. Pilih "Perlindungan virus & ancaman"

3. Klik "Pindai cepat"

4. Jika mau, Anda dapat mengklik "Opsi pemindaian" dan memilih pemindaian lengkap jika Anda ingin pencarian yang lebih menyeluruh

5. Jika virus atau malware telah terdeteksi, Anda akan memiliki opsi untuk menghapusnya dari PC Anda

Seperti diketahui, saat ini sistem operasi menjadi lebih baik dalam memberi perlindungan pengguna dari ancaman online dan perangkat lunak jahat. Tetapi selalu merupakan ide yang baik untuk memperhatikan apa yang Anda lakukan secara online untuk mencegah terinfeksi sejak awal. Ini termasuk:

- Tidak membuka email atau lampiran email dari orang yang tidak Anda kenal

- Klik tautan mencurigakan yang dikirim dari pesan teks atau situs web

- Selalu periksa ulang untuk memastikan bahwa email atau situs web yang Anda kunjungi adalah yang mereka klaim

- Hindari mengunduh atau menjalankan .exe (file yang dapat dieksekusi) dari sumber tidak tepercaya

Selamat mencoba dan semoga berhasil. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
malware,
#
tips komputer,
#
cara memeriksa malware,
#
komputer