MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Jitu Supaya Kacamata tak Berembun Saat Pakai Masker

JUL 06, 2020@17:30 WIB | 230 Views

Banyak dari kita setia mengenakan masker demi mencegah diri dan orang lain dari Covid-19. Terlebih di tempat umum, semua wajib tertib menggunakan masker. Bagi sebagian orang, yang memiliki wajah mudah berkeringat, butuh adaptasi tersendiri untuk selalu pakai masker. Masalah lain dialami sebagian kita yang berkacamata. Di mana saat bermasker, karena hembus nafas menyentuh permukaan kacamata yang relatif dingin, maka kacamata jadi berembun.

Masalah itu bisa jadi sangat menyebalkan, bukan! Apalagi jika posisi sedang berjalan di jalanan panas siang hari lalu masuk ruangan atau toko yang ber-AC, tiba-tiba penglihatan jadi samar-samar. Sementara diri untuk menjaga-jaga tak bisa mengelap kacamata yang berembun sebelum cuci tangan terlebih dulu.

Nah, buat yang mengalami masalah tersebut, ada bebera[a tips menarik nih yang disarankan untuk menjaga kacamata dari berembun karena hembus nafas hangat sendiri.

1. Gunakan Kawat Masker Fleksibel

Pertama pahami dulu ya, jika masker yang kita dipakai pas di hidung, maka hembusan napas akan mengembun hingga permukaan kacamata. Itu terjadi karena ada bagian maskes yang longgar. Nah, supaya nafas tidak membuat kacamata berembun, masker seperti ini tinggal dilipat pada bagian atas sebelum digunakan.

Ada masker yang sengaja dibuat menyerupai hidung berbahan logam. Ada pula masker pada bagian atasnya disemati bahan lunak yang dapat ditekuk hingga menempel pada seluruh bagian hidung. Jadi maske yang kedua ini fleksibel untuk semua bentuk atau ukuran hidung pengguna. Masker ini lebih efektif karena memungkinkan uap berembun keluar lebih sedikit, lebih nyaman, dan membantu mencegah hembus nafas mengembuni lensa kacamata. Atau Anda bisa membuat masker sendiri dengan pelinter yang dapat menempelkan masker rata dengan permukaan hidung dan pipi.

2. Posisikan Masker Hingga Posisi Kacamata

A Simple Hack: Cara ini benar-benar sangat simple tapi cukup jitu, cukup tarik bagian atas masker hingga mencapai posisi kacamata. Lalu kenakanlah kacamata dengan posisi menindih sisi atas masker.

3. Pakai Sabun dan Air

Jika tidak memiliki pembersih khusus untuk kacamata, bisa dicoba mencuci kacamata dengan sabun dan air atau air sabun. Setelah itu, biarkan kacamata hingga kering atau bisa dikeringkan sendiri dengan tisu halus atau lembut. Hasil studi tahun 2011 Annals of The Royal College of Surgeons of Englang di jurnal Medis, menyatakan bahwa, sebelum melakukan operasi, dokter yang kacamatanya berembun saat mengenakan masker diatasinya dengan mencuci masker pakai sabun. Nah, bagi yang menerapkan cara ini, disarankan untuk menghindari sabun yang mengandung lotion.

4. Pasang Tisu di Lapisan Dalam Masker

Cara ini tak kalah simpelnya, Anda tinggal menempelkan tisu terlipat pada bagian dalam masker tepat di pangkal hidung. Tisu tersebu memungkina untuk menyerap uap yang keluar.

5. Gunakan Semprotan Anti Debu

Cara yang terakhir ialah memanfaatkan semprotan anti-debu yang bisa dibeli . Semprotan ini, sebagaimana sabun dan air, juga dirancang guna menjaga kondensasi yang menempel  di permukaan lensa kacamata.

Tags :

#
tips pakai masker,
#
cara pakai masker,
#
masker