MENU
icon label
image label
blacklogo

Pilih Bahan Masker DIY Jangan Asal-Asalan

APR 17, 2020@10:43 WIB | 449 Views

Di masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sekarang ini, publik Jabodetabek wajib menggunakan masker kemana pun pergi. Ketika peraturan ini dibuat, justru masker yang biasanya dijual di minimarket atau pun pasar lainnya mengalami kelangkaan, dan ada pula yang memanfatkan momen ini untuk menimbun dan menjual masker dengan harga fantastis.

Melihat hal ini, pemerintah pun mengimbau agar masyarakat dapat menggunakan masker berbahan kain saja yang dibuat sendiri (DIY). Namun, kain seperti apakah yang cocok untuk masker ini? Berikut tiga bahan kain yang cocok kalian jadikan sebagai masker darurat, selain masker medis saat ini;

Linen

Dilansir dari  Washington Post, peneliti Universitas Cambridge di tahun 2013 mempelajari efektivitas dan kemampuan bernapas dari bahan masker sendiri. Ada beberapa hal yang diteliti seperti menggunakan bahan kantong penyedot debu yang ternyata memiliki peringkat tinggi dalam hal penyaringan partikel, tetapi memiliki peringkat rendah dalam menghirup nafas. Studi lanjutnya adalah masker buatan sendiri lebih baik menggunakan bahan dari kain linen (seprai atau sarung bantal) karena bahan ini cukup untuk menyaring partikel dan tidak susah menghirup nafas.

Bahan dengan 100% Kapas

Para peneliti di Wake Forest Public Health menguji efektivitas masker buatan sendiri dengan memompa udara melalui kain, dan mengukur kemampuan penyaringan mereka. Dari hasil tersebut, para peneliti menemukan bahwa masker dengan satu kain hanya menyaring satu persen partikel. Sebaliknya, masker buatan sendiri dengan lapisan kapas yaitu kain yang terbuat dari katun 100 persen, atau setidaknya 180 jumlah benang, dan menampilkan tenunan yang lebih tebal memiliki bahan berkualitas tinggi se[erti ada di kaus.

Batik

Ternyata, kain tenun seperti batik khas Indonesia juga relative menyaring partikel, selama kain ini dilapisi pula dengan kain flannel. Para peneliti di Wake Forest Public Health mengatakan bahwa kain yang dipintal dengan lilin dan pewarna cukup untuk menyaring partikel kecil. Selain itu agar lebih maksimal, selalu mencuci tangan anda secara teratur, menjaga jarak sosial, dan karantina sendiri di rumah.[prm/timBX] foto dan tulisan: berbagai sumber

Tags :

#
blacktips,
#
masker,
#
buatan sendiri,
#
kain,
#
linen,
#
kapas,
#
batik,
#
bahan masker