MENU
icon label
image label
blacklogo

Begini Cara Menghemat Kuota Streaming Netflix

JUN 16, 2019@17:25 WIB | 107 Views

Pernah bertanya-tanya berapa banyak data yang Anda butuhkan untuk melakukan streaming acara (atau film) di Netflix? Anda tidak sendirian. Jawaban kasarnya adalah dari 1GB per jam hingga 7GB per jam tergantung pada kualitas video yang Anda pilih. Tetapi ternyata ada sedikit lebih dari itu dalam menilai pemakaian kuota Netflix.

Sebagai gambaran berikut sekilas berapa banyak data yang digunakan Netflix untuk menyajikan konten favorit Anda. Untuk menikmati video dengan kualitas SD Full maka kuota data yang Anda pakai akan mencapai hingga 1GB per jam. Sementara video HD 4K menggunakan hingga 3GB per jam dan Ultra HD hingga 7GB per jam.

Netflix menyatakan bahwa itu adalah angka-angka skenario terburuk. Pada kenyataannya, konten yang Anda streaming dapat menggunakan data yang jauh lebih sedikit. Semuanya tergantung beberapa faktor teknis seperti frame rate video hingga kedalaman warna.

Mengunduh video untuk ditonton kemudian secara offline juga tidak akan menghemat penggunaan data. Dibutuhkan jumlah bandwidth yang sama untuk mengambil semua sumber daya yang diperlukan untuk menyimpan video secara lokal, ditambah Anda harus memiliki ruang untuk menyimpannya.

Lalu bagaimana kita dapat tetap menonton Netflix dengan tidak memboroskan data? Netflix sadar akan hal itu, jadi ia membangun beberapa fitur yang apik ke dalam aplikasi Android dan iOS yang memungkinkan Anda membatasi jumlah data yang mereka gunakan.

Sebagai dasar Netflix memberikan empat opsi awal, yaitu Automatic, Maximum Data, Save Data, dan WiFi Only. Berikut penjelasan mengenai keempatnya:

1.Automatic: Mode ini menyeimbangkan penggunaan data yang hemat dengan kualitas video yang bagus untuk memaksimalkan penggunaan hingga sekitar empat jam video per GB (hasilnya dapat bervariasi).

2.Maximum Data: Mode ini akan melakukan streaming dengan kualitas setinggi mungkin untuk perangkat Anda, yang dalam banyak kasus adalah 4K Ultra HD.

3.Save Data: Seperti namanya, mode ini mengurangi kualitas untuk skala penggunaan data hingga minimum, memberikan sekitar enam jam video per GB.

4.WiFi Only: Anda hanya dapat melakukan streaming pada perangkat saat terhubung ke WiFi. Konten yang diunduh masih dapat digunakan saat WiFi dinonaktifkan.

Anda juga memiliki opsi untuk menetapkan batas data untuk setiap profil di akun Netflix Anda. Jadi jika Anda menonton di beberapa perangkat, atau ingin agar anak Anda berhemat di bagian kuota data, Anda dapat memastikan bahwa data minimal dikonsumsi setiap saat.

Caranya buka Netflix.com di komputer dan masuk. Pilih profil akun yang ingin Anda ubah pengaturan penggunaan datanya. Di bawah My Profil, ketuk Playvack Setting.Pilih opsi konsumsi data yang Anda inginkan. Sekali lagi, Anda tidak diberi opsi untuk menentukan dengan tepat berapa banyak data yang ingin Anda gunakan per jam. Sebaliknya, Netflix memiliki empat pilihan: Automatic, Low, Medium, High.

Dengan era di mana streaming telah menjadi sebuah kebutuhan primer, penggunaan paket data yang besar juga turut meningkat. Namun bukan berarti kita tidak bisa berhemat data sambil tetap terhibur. Jadi selamat mencoba tip dari kami dan terus nikmati streaming acara kesukaan Anda.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
netflix,
#
video streaming,
#
streaming