MENU
icon label
image label
blacklogo

Beberapa Faktor Dalam Memilih Jas Hujan untuk Pria

NOV 08, 2021@12:30 WIB | 73 Views

Jas hujan menjadi barang wajib di musim hujan sekarang ini. Apalagi dengan cuaca ekstrem yang tiba-tiba hujan badai. Agar tidak terjebak di luar dan masih bisa pulang dengan selamat (dari basah), jas hujan adalah barang wajib yang harus disediakan di motor ataupun di tas Jangan salah, ternyata ada banyak pilihan jas hujan yang berbeda-berbeda. Untuk bisa meilih yang paling cocok, baca keterangan di bawah ini.

Rain jacket atau raincoats?

Pada dasarnya, pilihan ini terbagi untuk dua tipe orang. Bila Anda tipe pengendara motor atau sepeda, jaket hujan dan celana hujan menjadi pilihan yang cocok. Namun, jika BlackPals lebih sering naik mobil atau berjalan kaki, jenis jas hujan yang panjang atau tipe seperti nelayan menjadi pilihan yang lebih tepat.

Waterproof atau water resistant?

Pada dasarnya, waterproof dan water resistant ternyata dua hal yang berbeda. Waterproof biasanya digunakan untuk jenis jaket yang cukup kuat untuk menahan hujan di saat berkendara. Standar untuk berbagai merek mungkin berbeda-beda, tetapi ini bisa dibilang adalah syarat wajibnya.

Jaket waterproof terbagi menjadi 2 jenis. Ada jaket waterproof/ breathable yang selain menjaga air hujan tidak masuk, juga memberi ruang bagi keringat untuk mengalir keluar. Jenis jaket ini sangat cocok untuk aktivitas di cuaca hujan yang masih membutuhkan tenaga atau gerakan besar.

Satu lagi adalah jekat waterproof yang non-breathable. Jaket ini biasanya ada jenis jaket darurat seperti poncho darurat. Jaket ini biasanya lebih murah dan bisa dibeli jika Anda hanya berdiri atau duduk di tengah cuaca hujan.

Jaket yang water resistant sendiri juga breathable, tetapi hanya bisa dipakai di cuaca hujan ringan untuk waktu yang singkat. Jaket ini biasanya ringan dan tahan angin.

Windproof vs wind resistant

Seperti keterangan di atas, jaket windproof seperti waterproof dan begitu juga dengan jaket wind resistant. Contoh standar membedakan keduanya dari brand REI, jaket akan berganti status dari Wind resistant menjadi windproof bila bisa bertahan di angin 60mph lebih.

Jaket yang waterproof biasanya juga windproof. Karena memang secara logika, jaket yang bisa dipakai untuk berkendara memang harus bisa menahan kedua hal ini. Namun ada juga tipe jaket windproof yang hanya water resistant.

Tipe jaket wind resistant sendiri juga sama dengan water resistant. Jekatnya biasanya terbuat dari bahan yang sangat ringan dan mudah disimpan dalam kantong. Namun di tengah hujan, jaket ini tidak memberikan perlindungan yang cukup.

Lapisan jas

Umumnya jaket terbuat dari lebih dari 1 lapisan. Lapisan luarnya untuk menahan air hujan dan angin, sedangkan lapisan dalamnya melindungi dari cairan tubuh dan kemungkinan robek dari dalam jaket. Secara umum, ada 3 jenis desain lapisan jas hujan, antara lain:

2-layer atau 2 lapisan adalah jenis jas hujan yang paling atau tidak ribut. Hal ini karena lapisan membrannnya disimpan dalam lapisan luar dengan tampahan jahitan yang longgar. Karena itu, jaket tidak lagi ribut saat dipakai berjalan dan bergesekan. Jaket tipe ini umumnya dipakai di perkotaan atau untuk travelling. Harganya juga standar, tidak murah dan tidak mahal.

2.5-layer atau 2.5 lapisan memiliki desain yang unik. Lapisan pertama terluarnya terbuat dari bahan yang ringan dan tahan lama. Lapisan keduanya terbuat dari bahan berlapis polyurethane di dalam lapisan pertama. Kemudian adalah lagi lapisan protektif (setengah lapis) yang menutupi lapisan kedua. Jaket ini umumnya lebih ringan dari jaket lain, tetapi tidak se-breathable atau setahan lama jaket lainnya.

3-layer atau 3 lapisan adalah tipe jaket yang paling kuat. Biasanya, jaket ini dibeli untuk cuaca ekstrem atau tempat dengan kondisi ekstrem. Harganya pun lebih mahal. Jaket tidak lagi memakai lapisan, tetapi ada membran yang dihimpit dengan kain kuat dan liner.

Itulah tadi faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih jas hujan. Sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah dipakai untuk berkendara, berjalan, atau menghadapi cuaca ekstrem. Perhatikan faktor lain, seperti jangan memilih jaket poncho bila dipakai untuk naik motor, pilih warna yang mencolok akan mudah terlihat pengendara lain, dan cari jaket dengan jumlah kantong yang cukup untuk barang-barang Anda.

Berhati-hatilah berjalan dan berkendara di cuaca hujan. Utama selalu keselamatan Anda.

Tags :

#
jas hujan,
#
hujan

RELATED ARTICLE