MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple Rilis iOS 14 Public Beta, Ini Cara Mengunduhnya

AUG 26, 2020@15:00 WIB | 185 Views

Merilis versi utama baru dari platform iOS sudah menjadi agenda wajib Apple setiap tahun. Perusahaan menawarkan sejumlah perubahan yang dilakukan pada desain antarmuka pengguna, termasuk pengenalan fitur baru dan perbaikan dari versi terdahulu. Sayangnya, jeda waktu pengumuman OS baru dan update massal terpaut cukup jauh. Padahal pengguna terkadang sudah tak sabar dan gatal ingin menjajal OS baru.

Apabila Anda salah satu pengguna iPhone yang sudah tak sabar untuk menjajal iOS terbaru, Apple menyediakan program trial iOS 14 Public Beta.

Tapi jangan terburu-buru, karena sebelum mengunduh iOS 14 terbaru Anda harus pastikan mencadangkan data iPhone ke komputer. Ini diperlukan apabila sewaktu-waktu Anda ingin menghapusnya dan kembali ke iOS 13. Jika tidak memiliki cadangan, Anda akan memulai dari awal dan mengunduh ulang semua aplikasi yang dimiliki sebelumnya.

Bila sudah siap, berikut ini langkah-langkah untuk mengunduh iOS 14 yang bisa Anda ikuti.

1. Buka halaman Apple Beta dan daftar menggunakan ID Apple Anda.

2. Masuk ke Program Perangkat Lunak Beta lalu daftarkan perangkat iOS Anda.

3. Dari iPhone, buka safari dan pergi ke beta.apple.com/profile.

4. Unduh dan instal profil konfigurasi.

5. Buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak untuk mengunduh dan menginstal iOS 14 Public Beta.

Apple menyatakan bahwa update iOS 14 akan tersedia di iPhone dapat digunakan untuk iPhone 6s dan seterusnya. Termasuk iPhone 6s dan 6s plus, iPhone 7s dan 7 Plus, iPhone 8 dan 8 plus, iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max. Ini juga tersedia untuk iPhone SE generasi 1 dan 2, iPod touch generasi 7, iPhone X, XR, XS, dan XS Max.

Perlu diketahui bahwa ini adalah iOS Public Beta, yang artinya fitur yang Anda lihat dan gunakan belum 100 persen selesai. Telah banyak contoh di masa lalu, di mana fitur yang ditemukan dalam perangkat lunak beta tidak berjalan sempurna. Ada banyak alasan dibalik hal tersebut, dan ini adalah salah satu penyebab mengapa versi Beta dimunculkan.

Selain itu dengan mengunduh dan menggunakan beta, Anda harus ingat bahwa ini dapat mengakibatkan fitur tertentu dari ponsel tidak bekerja. Beberapa pengguna memang dapat menjalankannya tanpa masalah, tetapi kemungkinan masalah tetap ada.

Oleh sebab itu, perhatikan bahwa Apple merilis dua beta, yakni Public Beta dan Developer Beta. Perbedaannya adalah versi publik dinilai lebih stabil sedangkan developer cenderung mendapatkan fitur yang lebih baru. Selain itu, untuk mengunduh developer beta Anda akan dikenakan biaya $99 dolar AS atau hampir Rp1,5 juta rupiah per tahun. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
ios 14 public beta,
#
ios 14,
#
apple,
#
cara download ios 14