MENU
icon label
image label
blacklogo

Yakuza 7 Berubah Gameplay Jadi JRPG

SEP 09, 2019@15:45 WIB | 83 Views

Perincian Yakuza 7 baru menunjukkan game ini akan banyak bersandar pada elemen JRPG, menurut wawancara Jepang yang diterjemahkan dengan pengembang Ryu Ga Gotoku Games. Penampilan baru Yakuza 7 untuk seri ini sebenarnya pertama kali diungkapkan sebagai lelucon April Mop yang banyak penggemar tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang serius. Namun berita pada akhir Agustus membuktikan bahwa video itu sebenarnya hanya sekilas pada perkembangan angsuran berikutnya di waralaba tersebut.

Seri Yakuza dikenal karena pertarungan berbasis aksi, tetapi meskipun begitu, itu tidak selalu menjadi nilai jual utama dari permainannya. Yakuza telah mengumpulkan basis penggemar tersendiri yang menyukainya karena banyaknya pilihan ekstrakurikuler yang diberikan kepada para pemainnya. Game Yakuza menampilkan karaoke, mengemudi taksi, dan beberapa pekerjaan sambilan lainnya yang mengalihkan perhatian pemain dari alur cerita utama selama berjam-jam dengan cara yang sama seperti yang dilakukan RPG tradisional seperti The Witcher 3: Wild Hunt atau Final Fantasy 15. Untuk alasan itu, di samping karakter permainannya yang sudah sangat ikonik dan cerita yang diceritakan dengan cerdik, memindahkan seri Yakuza dari aksi ke genre JRPG sebenarnya cukup masuk akal.

Ini tentu saja sesuatu yang Sega dan Ryu Ga Gotoku Games andalkan, karena detail baru telah mengungkapkan betapa banyaknya elemen-elemen JRPG dalam pengalaman keseluruhan permainan Yakuza 7. Menurut sebuah wawancara dengan Direktur Jenderal seri Yakuza, Toshihiro Nagoshi yang diterjemahkan oleh Gematsu, tim ini bekerja keras untuk memastikan antarmuka dan elemen aksi tetap dapat diakses. Itu tidak menghentikan mereka dari bersandar sangat keras ke dalam desain JRPG modern.

"Tempo pertarungan tidak sama dengan memilih beberapa perintah, lalu menyaksikan pertarungan itu terungkap berdasarkan tindakan yang kamu pilih ... itu cukup dekat dengan perasaan menyaksikan pertempuran antara beberapa orang tanpa henti. Itu akan membutuhkan waktu untuk membiasakan diri, tetapi ada beberapa trik di sana-sini, dan jika Anda mempelajarinya, Anda dapat bermain dengan kebiasaan yang sama bermain game aksi. Kami sempat mempertimbangkan untuk melakukan gabungan antara tindakan dan perintah. Namun  itu akan sama dengan membuat dua judul dan tidak ada cukup waktu untuk itu".

Penjelasan itu setidaknya berarti kita dapat mengesampingkan potensi sistem pertarungan hybrid yang dapat dipilih penggemar yang menginginkan gameplay berbasis aksi untuk Yakuza 7. Di luar wawancara yang diterjemahkan Nagoshi, analis industri game, Nibel, berbagi di Twitter bahwa permainan tersebut tersebut akan memiliki beberapa sistem JRPG lama yang bakal menyenangkan penggemar genre tersebut.

Perubahan Yakuza 7 menjadi genre JRPG menjadi salah satu inovasi yang paling banyak dibicarakan belakangan inii. Terutama dalam pandangan bahwa Ryu Ga Gotoku mempertaruhkan banyak hal pada keputusan untuk memigrasikan waralaba Yakuza ke dalam genre yang berbeda dari yang telah menjadi ciri khas dan membesarkan namanya.

Ini sangat menarik mengingat Yakuza Remastered Collection akan hadir di PS4, yang berarti penggemar baru mungkin terbiasa dengan aksi tersebut tepat sebelum seri membuat perubahan besar. Dengan lebih banyak informasi Yakuza 7 di cakrawala, penggemar harus menunggu dan melihat apakah ini bakal menjadi salah satu seri yang paling banyak dimainkan atau malah membunuh waralaba tersebut.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
yakuza,
#
yakuza 7,
#
ryu ga gotoku,
#
jrpg