MENU
icon label
image label
blacklogo

Ubah Gambar Jadi Teks? Sangat Mudah dengan 3 Aplikasi Ini

NOV 29, 2018@13:33 WIB | 351 Views

Kadang malas rasanya jika harus mengetik ulang kalimat dari buku atau selebaran. Apalagi jika jumlah kalimatnya tergolong banyak. Kini berkat kemajuan teknologi, hal tersebut tak lagi jadi hambatan.

Dengan 3 aplikasi smartphone berikut ini, Anda akan dapat mengubah gambar menjadi sebuah teks dengan lebih mudah. Tak perlu lagi mencatat ulang yang pastinya sangat merepotkan. Simak daftar selengkapnya berikut ini.

Google Lens

Bukan Google namanya jika tidak menghadirkan beragam solusi dari bidang teknologi untuk bisa dinikmati penggunanya. Google Lens menjadi salah satu aplikasi teranyar Google dengan beragam fungsi

Google Lens sejatinya merupakan sebuah fitur kamera yang juga telah ditenagai oleh teknologi artifical intelligence alias kecerdasan buatan. Dengan fitur tersebut, Google Lens mampu membaca dan mengenali beragam informasi dari sebuah gambar.

Selain itu, Google Lens juga bisa dimanfaatkan untuk mengubah gambar berisi kata menjadi jajaran teks yang dapat di edit oleh pengguna. Beragam huruf dari berbagai bahasa bisa dibaca oleh Google Lens.

Tinggal buka Google Lens yang kini telah tersedia di pojok kanan bawah saat Anda mengucapkan “Ok Google!”. Selanjutnya foto gambar yang ingin Anda ambil teksnya untuk di edit. Google Lens akan langsung membaca mana teks yang memungkinkan untuk pengguna salin. Sangat mudah bukan?!

Office Lens

Aplikasi selanjutnya persembahan dari perusahaan yang juga dikenal dengan software pengolahan katanya, Microsoft.  Serupa dengan Google Keep, aplikasi Office Lens juga sangat bisa diandalkan untuk mengubah gambar menjadi teks.

Proses scanning kata pada gambarnya pun cukup mendetail. Office Lens mampu membaca teks meskipun dengan warna yang berbeda-beda. Tentunya akan semakin memudahkan pengguna.

Office Lens menghilangkan bayangan dan sudut-sudut yang mengganggu proses scanning, sehingga gambar akan lebih mudah dibaca oleh aplikasi.

Hasil dari Office Lens dapat dengan mudah di salin ke Word, Power Point, OneNote, atau OneDrive dalam bentuk PDF. Pengguna juga bisa mengubahnya menjadi bentuk JPG agar sewaktu-waktu bisa dengan mudah diakses lewat galeri.

OCR Text Scanner

Tidak jauh berbeda dengan kedua aplikasi sebelumnya, OCR Text Scanner menawarkan kemampuan scan gambar untuk diubah menjadi teks yang tak kalah akurat.

Kerennya lagi, OCR Text Scanner disebut mampu membaca tulisan tangan dari pengguna. Cukup keren kan, Black Pals. Meskipun tentu bukan tulisan tangan yang amburadul.

Aplikasi ini juga mampu mengenali beragam huruf dari beragam bahasa. Seperti bahasa Inggris, Korea, Latin, ataupun mandarin.

Jadi, pilih menggunakan aplikasi yang mana? Ada baiknya Anda coba satu per satu, dan rasakan mana yang sesuai dengan selera Anda, Black Pals! [Hlm/timBX]

Tags :

#
google lens,
#
office lens,
#
ocr text scanner,
#
aplikasi android,
#
rekomendasi aplikasi android