MENU
icon label
image label
blacklogo

Tombol Volume Rahasia Huawei Mate 40 Pro, Kontrol Ponsel Masa Depan

DEC 15, 2020@17:30 WIB | 244 Views

Saat Huawei memperkenalkan Mate 30 Pro, kontrol volume virtual dengan cepat menjadi salah satu aspek desain dan fungsionalitas yang lebih kontroversial, karena tidak berfungsi cukup baik untuk menjadi pengganti yang efektif untuk tombol asli. Untuk penggantinya, Mate 40 Pro, Huawei tampaknya memahami hal ini, melepaskan kontrol virtual dan memperkenalkan kembali tombol fisik di tepi sasis.

Namun, tidak semuanya seperti yang terlihat, dan Mate 40 Pro sebenarnya menampilkan yang terbaik dari kedua dunia; Huawei juga telah menyelipkan tombol virtual rahasia ke layar ponsel. Kepala desainer Huawei Quentin Ting menjelaskan kepada Digital Trends dalam sebuah wawancara bagaimana perubahan ini terjadi, dan kami melihat mengapa hal itu penting untuk masa depan ponsel.

Apa itu tombol volume virtual?

Sederhananya, tombol virtual adalah alternatif layar sentuh berbasis teknologi untuk tombol perangkat keras fisik. Pada Huawei Mate 30 Pro, hal ini difasilitasi dengan diperkenalkannya tampilan "Horizon", yang mengalir di tepi perangkat pada sudut 88 derajat. Ketuk dua kali di bagian atas sisi layar yang disebut kontrol volume, yang kemudian disesuaikan dengan menggeser jari Anda ke atas dan ke bawah pada tepi layar.

Pada kenyataannya, kontrol tidak pernah muncul saat pertama kali Anda memintanya, yang membuat penyesuaian volume tidak mungkin dilakukan dengan cepat. Sementara pembaruan perangkat lunak membantu meningkatkan keandalan, itu tidak semudah menggunakan tombol fisik. Pencarian Huawei untuk solusi teknologi tinggi untuk masalah yang tidak perlu ada mengingatkan pepatah lama, "jika tidak rusak, jangan perbaiki."

Ting berbicara jujur ​​tentang penerimaan fitur pada Mate 30 Pro.

“Kami memperkenalkan layar Horizon pada seri Mate 30 dan, saat itu, kami ingin menghasilkan dampak visual yang hebat, dan karena itu membatalkan tombol fisik,” kenangnya. “Ini adalah eksperimen pertama kami dalam membuat tombol volume virtual. Setelah peluncuran telepon, kami menerima umpan balik yang terpolarisasi. Di satu sisi, beberapa sangat menyukai fitur ini karena didorong oleh teknologi, tetapi di sisi lain, kami mendapat beberapa keluhan karena terkadang sulit membangunkan kontrol volume."

Tombol fisik kembali

Maju cepat ke peluncuran Mate 40 Pro dan Anda akan menemukan rocker volume fisik tradisional di sisi ponsel, meskipun sasisnya memiliki tampilan Horizon yang sangat mirip. Itu dipasang rendah di sisi ponsel, tepat di atas tombol daya. Bandingkan dua ponsel secara berdampingan, dan tombol daya pada dasarnya berada di posisi yang sama, dan perbedaan apa pun di kurva layar tidak terlihat.

Ting berbicara tentang keputusan untuk mengembalikan tombol fisik, dan juga mengungkapkan bahwa tombol virtual belum sepenuhnya hilang.

“Kami mendengarkan dan memikirkan masalah tersebut,” lanjutnya. “Saat kami memulai Mate 40, kami pikir ada solusi yang lebih baik. Kami menyimpan tombol fisik, tetapi di sisi lain ponsel, Anda masih dapat memicu tombol virtual. Saya yakin ini adalah pendekatan yang lebih lembut dan harmonis, dan telah diterima dengan lebih baik oleh pemilik Mate 40.”

Volume di kiri dan kanan

Benar saja, ketuk dua kali di sisi kiri layar pada Mate 40 Pro dan tombol volume virtual muncul. Tapi kenapa menyimpannya? Ting menunjukkan bahwa dengan menawarkan kontrol volume di sisi kiri ponsel, mengatur volume menjadi lebih nyaman bagi orang yang kidal dan tidak kidal. Kemajuan dalam aksesibilitas dan kemudahan penggunaan untuk lebih banyak orang membuat pendekatan ini sangat diterima, dan hanya mungkin dengan menggabungkan kontrol fisik dan virtual, dan layar bergaya Horizon yang mengalir di ponsel.

Perbaikan operasional hanya penting jika benar-benar dapat digunakan, dan bukan teknologi demi teknologi, seperti yang dirasakan pada Mate 30 Pro. Kabar baiknya adalah aksinya lebih dapat diandalkan pada Mate 40 Pro, dengan kontrol yang muncul secara konsisten pada permintaan pertama. Geser jari Anda disesuaikan dengan tingkat haptic feedback yang menyenangkan.

Ini merupakan peningkatan yang serius atas fitur Mate 30 Pro, dan merupakan berita bagus untuk masa depan tombol virtual. Saya juga tidak perlu membuka Setelan untuk mengaktifkannya - ini aktif secara default. Anehnya, Huawei tidak banyak menyebutkan fitur tersebut saat diluncurkan, yang memalukan mengingat betapa banyak peningkatannya dari penerapannya pada Mate 30 Pro.

Apakah kontrol virtual adalah masa depan? Digital Trends baru-baru ini berbicara kepada Sentons, perusahaan di balik Air Triggers virtual pada Asus ROG Phone 3 - yang beroperasi seperti tombol bahu yang terdapat pada pengontrol konsol, dan untuk bermain game - tentang bagaimana itu mengadaptasi teknologi untuk mengoperasikan zoom dan shutter kamera. tombol, dan untuk meniru kontrol kamera fisik secara virtual di samping telepon.

Teknologi ini jelas meningkat. Kami mulai melihat lebih banyak contoh penggunaannya, dan lebih banyak cara untuk menerapkannya ditemukan. Saat kita menjauh dari tombol fisik pada ponsel cerdas kita, baik itu kontrol volume, kontrol kamera, atau ukuran aksesibilitas lebih lanjut, tampaknya ruang di samping ponsel masa depan akan menjadi sangat dicari. Tetapi seperti yang ditemukan Huawei melalui ponsel Mate 30 dan Mate 40, cara terbaik adalah menggabungkan elemen fisik dan virtual untuk kenyamanan terbaik. [yat/asl/timBX]

Tags :

#
tombol volume rahasia huawei mate 40 pro,
#
tombol virtual,
#
huawei mate 40 pro