MENU
icon label
image label
blacklogo

Ternyata Kamera iPhone 12 Pro Max Masih di Bawah Huawei dan Xiaomi

NOV 17, 2020@12:00 WIB | 93 Views

Kehadiran iPhone 12 Pro Max terbukti membawa peningkatan pada kameranya. Namun sayang, kemampuannya belum mampu menhasilkan kualitas kamera dari smartphone Huawei dan Xiaomi. Hal ini diketahui dari hasil benchmark gawean DxOMark.

Dalam hasil benchmark tersebut iPhone 12 Pro Max mencatatkan skor total 130. Sementara Huawei menorehkan skor total 132 yang dirili April lalu. Jika dibanding Huawei terpaut dua angka, iPhone 12 Pro Max berada tiga angka di bawah Xiamio—yang kemampuan kameranya digadang-gadang memang di atas iPhone 12 Pro Max—yakni Mi 10 Ultra dengan skor 133.

Tes DxOMark menyebutkan untuk posisi ponsel berkamera terbaik masih ditempat Huawei Mate 40 Pro dengan skor total 136. Kendati dalam kemampuan kameranya, iPhone 12 Pro Max mendapat 138 poin untuk pengambilan foto, kemampuan zoom 68 poin, dan perekam video 113 poin.

Tes DxOMark juga menemukan bahwa eksposur iPhone 12 Pro Max dinilai akurat terutama saat potret dan situasi cahaya redup. Kendati masih kurang mengesankan. Sedangkan untuk kinerja zoom iPhone 12 Pro Max masih tidak dapat bersaing pada rentang zoom jarak jauh dengan pesaingnya. Xiaomi dan Huawei telah memperluas jangkauan lensa telefoto mereka sementara iPhone mempertahankan ekuivalen 65mm yang sederhana.

iPhone 12 Pro Max  yang didukung Dolby Vision HDR memberikan jangkauan dinamis tinggi untuk pengambilan video. Di samping itu fokus otomatis video dinilai akurat dan cepat. Stabilisasi juga efektif, termasuk saat berjalan atau panning.

Sebelumnya tes DxOMark juga menunjukkan bahwa belakang Huawei Mate 40 Pro berhasil mendapatkan skor keseluruhan 136 dan menggusur Xiaomi Mi 10 Ultra. Kamera depannya pun menoreh skor total 104 dan mengambil alih posisi puncak yang sebelumnya dipegang oleh Huawei P40 Pro.

DxOMark memberikan ulasan yang terkesan dengan dynamic range dari Mate 40 Pro yang sangat lebar di semua kondisi pencahayaan, bahkan dalam kondisi minim cahaya. Dengan kata lain, Mate 40 Pro dapat diandalkan untuk mengambil foto di kondisi low-light.

Kamera belakang Mate 40 Pro memberikan foto dengan detail tajam dan noise rendah di semua level pencahayaan. Autofokus di kamera utama bisa bekerja dengan akurat dan cepat. Sedang pada kamera depan, selfie yang diambil menggunakan Mate 40 Pro memiliki dynamic range luas dan tetap bisa mengambil foto dengan optimal di kondisi minim cahaya. Saat digunakan untuk mengambil selfie di mode portrait, Mate 40 Pro bisa menghasilkan bokeh yang terlihat alami. [asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
kamera phone 12 pro max,
#
dxomark,
#
huawei,
#
xiaomi,
#
huawei mate 40 pro,
#
mi 10 ultra