MENU
icon label
image label
blacklogo

Tiga Seri Pertama Game Doom Kini Hadir di Nintendo Switch

JUL 29, 2019@15:45 WIB | 424 Views

Perangkat Nintendo Switch tampaknya sudah memiliki tempat tersendiri bagi para penggunanya. Karena itulah beberapa game klasik besar diihadirkan pada perangkat konsol game ini, termasuk game Super Mario. Dan kini ada tiga seri game yang hadir di Nintendo Switch, yakni Doom Series.

Ya, kini tiga seri game pertama Doom buatan Bethesda tersedia di Nintendo Switch. Mereka resmi dilunucurkan pada Sabtu (27/7) kemarin. Untuk memainkan tiga seri game ini, pemain harus melakukan sesuatu yang tidak pernah mereka khawatirkan dengan yang aslinya: terhubung ke internet dan masuk ke akun Bethesda mereka.

Pihak Bethesda tidak menyebutkan masalah login ketika tim mengumumkan bahwa ketiga pertandingan akan menuju ke Switch di konvensi tahunan QuakeCon hari Sabtu kemarin, tetapi administrator forum ResetEra Nibel mengonfirmasi kabar itu di Twitter. Begini pernyataannya dalam akun resminya @Nibellion :

Sepertinya DOOM 1 + 2 mengharuskan Anda untuk masuk ke akun Bethesda Anda sebelum Anda bisa bermain. Setelah login awal Anda, Anda dapat memainkannya secara offline juga. DOOM 3 mengharuskan Anda untuk masuk ke akun BNet Anda "untuk mengakses fitur dan/atau konten tertentu"

Saat Doom, Doom II, dan Doom 3 dirilis, sebelumnya itu adalah permainan pemain tunggal yang tidak memerlukan koneksi internet, dan Bethesda tidak menjelaskan mengapa mereka membutuhkan pemain untuk masuk secara online sekarang. Ini jelas bukan permainan baru yang menghabiskan biaya ratusan juta dollar untuk diproduksi; mereka adalah port dari game-game lama. Pihak Bethesda juga tidak melakukan apa pun untuk mengubah alur permainan gameplay DOOM ini. Tidak ada alasan bagi para pemain untuk terhubung ke akun Bethesda mereka untuk memainkan permainan, namun itulah persyaratan dalam kasus ini sekarang.

Sepertinya ini akan menjadi gangguan sesaat. Doom dan Doom 2 dapat dimainkan secara offline setelah Anda masuk. Tetapi ini adalah buah rasa frustrasi komunitas game terbaru yang berkelanjutan dengan manajemen hak digital (DRM), alat yang sering digunakan oleh pengembang dan penerbit untuk mencegah pembajakan. Tetapi karena semakin banyak jenis game dari era game port sebelumnya masuk ke konsol baru, alat-alat DRM menjadi semakin diteliti. Pemain tidak mengerti mengapa perusahaan seperti Bethesda membutuhkan orang untuk masuk ke akun mereka untuk memainkan game offline, pemain tunggal lebih dari 20 tahun yang lalu. Ini salah satu komentar sindiran dari akun @SwiftOnSecurity, yang menyatakan bahwa ia membayangkan bagaimana rasanya dalam menyiapkan pesta DOOM LAN pada tahun 1993 dan tidak ada yang bisa bermain karena ayah Todd menggunakan telepon dan Anda tidak dapat memverifikasi nomor seri Pentium Anda dengan server aktivasinya.

Pihak Bethesda belum mengomentari rasa frustrasi pemain dengan persyaratan login ini, tetapi ini telah menjadi aspek normal dari permainan karena lebih banyak judul game lama yang diangkut ke sistem yang lebih baru di mana harus terkoneksi dengan internet secara terus menerus. Selain itu, Library Doom ini tidak hanya tersedia di Nintendo Switch saja, karena perusahaan juga mengonfirmasi bahwa Doom, Doom II, dan Doom 3 juga tersedia di PlayStation 4, Xbox One, dan perangkat Android dan iOS.

Tags :

#
game doom,
#
nintendo switch,
#
doom series