MENU
icon label
image label
blacklogo

Nintendo Switch Upgrade OLED Screen

OCT 10, 2021@11:00 WIB | 74 Views

Nintendo Switch dikabarkan tidak akan menggunakan pentile screen.

Pentile merupakan trademark Samsung yang mengacu pada tata letak matriks subpixel yang digunakan pada panel layar OLED. Pentile tidak secara utuh memiliki RGB, dimana warna Red, Green, dan Blue subpixel saling berbagi pixel daripada masing-masing pixel memiliki ketiga warna tersebut.

Kebanyakan OLED screen menggunakan form RGB Pentile, karena lebih murah untuk diproduksi dan lebih tahan lama. Meski begitu kualitas resolusi gambar memang jauh lebih rendah. Sehingga bisa terlihat artefak seperti dithering dan graininess, terutama saat kontras tinggi. Sejak awal Nintendo memang tidak begitu terlalu pusing dengan kualitas layarnya, seperti model 3D yang beberapa menggunakan IPS Screen sedangkan yang lain TN LCD panel. Tapi mengetahui bahwa ada perubahan pada Switch OLED memberikan perhatian khusus.

Baca juga: Valve Kembangkan Portable Gaming PC Seperti Nintendo Switch?

Untuk melihat lebih jelas seperti apa OLED Switch dalam penglihatan makro foto, bisa dilihat di foto berikut: Ini adalah hasil foto makro pada layar putih sehingga ketiga warna menyala. Tata letak matriks subpixel terlihat tidak biasa, dimana warna biru, merah, dan hijau berbaris dengan ukuran yang berbeda.

Sedangkan untuk perbandingan bisa dilihat dari makro foto pada iPhone 13: Tata letak subpixels diatur seperti bentuk berlian sehingga terlihat lebih rapi. Tampilan ini menunjukkan setiap pixel terdiri dari lebih sedikit subpixel.  Meski begitu, masih belum ada konfirmasi yang jelas tentang hal ini. Setiap perubahan pada Nintendo Switch masih terbuka lebar dan menunggu informasi resmi.[geo/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
nintendo,
#
nintendo switch,
#
upgrade oled screen,
#
pixel oled screen,
#
pixel iphone 13,
#
iphone