MENU
icon label
image label
blacklogo

Tantang Keyboard Mekanik, Razer Rilis Huntsman V2 Analog

FEB 11, 2021@10:00 WIB | 304 Views

Terlepas dari Anda pengguna keyboard membran biasa atau keyboard mekanis, pada dasarnya konsepnya sama. Anda perlu menekan tombol untuk melakukan fungsi yang diinginkan. Namun pabrikan gaming, Razer, punya inovasi baru. Mereka berpikir dapat menantang konsep keyboard mekanis saat ini, dengan meluncurkan Razer Huntsman V2 Analog yang bisa memaksimalkan pengalaman bermain game lewat fitur canggih.

Keyboard baru dari Razer ini tidak menggunakan Switch Mekanical, tetapi beralih ke sakelar Analog Optical Switch. Sakelar ini memungkinkan pengguna menyesuaikan keyboard ke level yang sangat dalam.

"Kami senantiasa berinovasi pada garis terdepan teknologi switch pada gaming keyboard, melalui pengujian dan riset berulang bersama komunitas kami. Kami telah mendesain switch terbaru yang dapat membuka pengalaman baru dalam pengalaman bermain game," tutur Senior Vice President Peripheral Razer, Alvin Cheung.

Inovasi itu termasuk kemampuan untuk menyesuaikan titik aktuasi sakelar, di mana titik aktuasi yang lebih dangkal akan menghasilkan respons yang lebih cepat. Aktuasi yang lebih dalam akan memungkinkan pengguna untuk lebih menikmati pengalaman mengetik, namun yang satu ini diperuntukkan bagi Anda para gameryang butuh kecepatan.

Itulah mengapa keyboard dilengkapi penyertaan fitur penggerak dua langkah, di mana pengguna dapat mengatur dua titik aktuasi yang berbeda dan memprogramnya untuk melakukan hal yang berbeda.

Misalnya, saat Anda menekan tombol secara perlahan atau hanya separuh, maka karakter di game akan berjalan. Tapi saat tombol ditekan penuh maka karakter akan berlari. Jadi ada dua fungsi atau perintah yang ditanamkan ke input keyboard.

Menurut Razer, "Ini pada dasarnya menawarkan fungsionalitas dua kali lebih banyak per penekanan tombol dan cocok untuk mengaktifkan kombo tingkat lanjut dalam game. Seperti mengeluarkan granat dan melemparkannya dengan penekanan tombol yang sama."

Fitur ini pun membawa keyboard Razer menyerupai kinerja tombol di joystick analog, yang menghilangkan batasan penggunaan keyboard untuk permainan terarah. Aktuasi pada tombol keyboard bisa diatur mulai dari terendah di 1,5mm hingga aktuasi penuh atau dalam di 3,6mm.

Analog Optical Switch diklaim bekerja dengan melacak jumlah cahaya yang melewati switch. Sehingga kemampuan mengukur seberapa dalam aktuasi yang diterima tombol keyboard saat ditekan, jauh lebih presisi.

Ini terdengar sebagai ide yang menarik. Namun, kita masih harus menunggu ulasan dari mereka yang telah mencobanya sendiri.Jika Anda tertarik, Razer Hunstman V2 Analog dapat dibeli melalui situs web Razer seharga $250 dolar AS atau setara Rp3,5 juta rupiah. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
keyboard mekanik,
#
razer,
#
huntsman v2 analog