MENU
icon label
image label
blacklogo

Sony RX100 VII, Kamera Compact Multifungsi Terbaik

SEP 22, 2019@15:15 WIB | 199 Views

Kamera saku canggih terbaru Sony adalah RX100 VII yang sangat dapat dikantongi, iterasi ketujuh dari RX100. Sejak debutnya, jajaran kamera ini telah membuktikan pilihan yang sangat populer di kalangan penggemar yang mencari kamera perjalanan yang hebat, vlogger, dan bahkan pro yang menginginkan opsi cadangan yang compact untuk berjaga-jaga.

Di dalam RX100 VII Anda akan menemukan sensor 1 inci, yang sangat besar dibandingkan dengan sensor pencitraan smartphone. Ini penting karena itu berarti tidak ada kontes di antara yang akan menangkap gambar yang lebih baik, dengan noise yang lebih rendah, kedalaman bidang yang lebih besar, dan rendering warna yang lebih baik. Untuk semua keajaiban perangkat lunak yang dapat dibawa oleh perusahaan seperti Apple dan Google ke meja fotografi, belum ada yang dapat sepenuhnya mengimbangi hanya dengan memiliki sensor yang lebih besar.

Namun, ke-compact-an RX100 VII tidak hanya mengesankan karena sensor besar yang ada di dalamnya, namun; Anda juga mendapatkan EVF, flash terintegrasi, jack mikrofon eksternal, dan layar LCD artikulasi. Untuk memasukkan semua ini ke dalam paket yang kecil ini sangat mencengangkan - EVF khususnya adalah fitur yang hebat bagi siapa saja yang ingin menjadi sedikit lebih langsung dan khusus dengan komposisi bidikan mereka. Sedangkan LCD flip up berarti Anda juga dapat memiliki layar dan monitor selfie yang bagus untuk digunakan saat melakukan vlogging.

Sony juga memutuskan rentang zoom yang sangat panjang untuk RX100 VII, menggunakan lensa zoom yang dapat ditarik kembali f / 2.8-4.5 24-200mm (setara 35mm). Rentang dan bukaan yang sama dengan RX100 VI, yang memilih rentang lebih banyak dibandingkan lensa 24-70mm f / 1.8-2.8 yang lebih terang yang ditemukan pada seri V dan sebelumnya.

Meskipun Anda akan kehilangan beberapa kemampuan untuk memisahkan subjek dari latar belakang dengan lensa yang lebih terang, Anda mendapatkan lebih banyak jangkauan untuk aksi pemotretan atau satwa liar. Rentang yang ditambahkan membuatnya jadi kamera perjalanan all around yang lebih baik  dan memungkinkan untuk mendapatkan beberapa bidikan yang tidak bisa Anda dapatkan sama sekali dengan lensa yang lebih pendek.

Ujung panjang rentang zoom juga menawarkan gambar yang sangat tajam, terutama dalam kondisi siang hari yang cerah. Sudut lebar 24mm itu juga lebar yang tepat untuk swafoto sepanjang lengan, meskipun Anda mungkin akan menginginkan setidaknya tongkat swafoto pendek untuk aplikasi vlogging untuk memberi diri Anda sedikit lebih banyak dalam cara membingkai pilihan.

Kekuatan terbesar RX100 VII mungkin adalah seberapa bagus dalam merekam video untuk perangkat seukuran ini. Video di luar kamera dengan penyesuaian yang sangat minim dari pengaturan pemotretan default menghasilkan hasil yang sangat bermanfaat, baik bagi penggemar video rumahan dan untuk YouTuber atau vlogger yang ingin menghasilkan konten yang tampak hebat tanpa menyeret seluruh studio produksi film bersama mereka.

Sekali lagi, rentang zoom serba guna benar-benar bersinar di sini, dan Anda bahkan dapat memotret di ujung tele zoom genggam dan mendapatkan rekaman yang benar-benar dapat digunakan, asalkan Anda sedikit berhati-hati tentang gerakan. Port mikrofon yang ditambahkan membuatnya menjadi alat pembuatan film yang bahkan lebih kuat, dan jika Anda mengambil pegangan pemotretan VCT-SGR1 opsional mereka, dikombinasikan dengan mikrofon shotgun kecil atau sesuatu seperti Rode Wireless Go, Anda memiliki semua yang Anda butuhkan untuk membuat video perjalanan yang menarik.

Last but not least dalam hal manfaat portabilitasnya, Anda dapat mengisi daya RX100 VII melalui USB secara langsung sehingga Anda dapat meninggalkan perangkat keras pengisian daya tambahan di rumah. Kamera ini memiliki port micro USB untuk data dan daya, dan meskipun akan menyenangkan melihat upgrade ke USB-C pada kamera ini untuk mengikuti perkembangan terbaru dalam hal pengisian daya komputer dan smartphone, itu masih lebih baik daripada membutuhkan pengisi daya eksternal.

Jadi apakah Anda ingin meningkatkan kemungkinan fotografis dari hanya memakai smartphone atau malah ingin menambah peralatan profesional canggih Anda dengan kamera saku terbaik untuk video dan foto, RX100 VII bisa menjadi pilihan terbaik. Satu-satunya downside adalah bahwa harga yang diminta adalah sebesar 1.200 dolar AS. Itu di atas rata-rata untuk kamera compact. Namun melihat semua yang ditawarkan kamera ini, itu sebuah harga yang cukup bisa diterima.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
sony,
#
sony ex100 vii,
#
compact camera