MENU
icon label
image label
blacklogo

Setelah Google Pixel, Fitur Car Crash Detection Akan Ada Di Semua Perangkat Android?

JUL 05, 2022@16:00 WIB | 248 Views

Salah satu fitur penting Google Pixel yang jarang diketahui keberadaanya adalah Car Crash Detection. Dengan menggunakan sensor bawaan, ponsel Google Pixel dapat mengetahui apakah seseorang terlibat dalam kecelakaan mobil, dan jika perlu, fitur ini dapat menghubungi tim darurat dengan memberitahu informasi mengenai lokasi kecelakaan.

Car Crash Detection punya mekanisme yang sama dengan fitur Fall Detection di Smartwatch, jadi jika mendeteksi kemungkinan kerusakan, pertama-tama Car Crash Detection akan meminta masukan dari pengguna. Jika pemilik Pixel tidak merespons, maka Google Pixel dapat memicu panggilan otomatis ke tim darurat, dengan perangkat yang mampu secara otomatis membagikan detail penting, seperti lokasi pasti dari kemungkinan kecelakaan.

Tersedia secara eksklusif di Google Pixel sejak Maret 2020, Car Crash Detection dapat menjadi teknologi yang menyelamatkan jiwa.

Dan ternyata, Google juga mengetahui hal ini, dan berupaya menghadirkannya ke semua perangkat Android. Dengan kata lain, hampir semua ponsel cerdas yang menjalankan sistem operasi buatan Google ini akan dapat mendeteksi potensi kecelakaan mobil setelah fitur baru tersebut diluncurkan.

Kemungkinan besar, fitur ini akan disertakan dalam pembaruan sistem Android di masa mendatang, meskipun produsen perangkat harus mengujinya sebelum peluncuran publik.

Sampai saat ini, belum jelas kapan Google akan merilis fitur ini di seluruh perangkat Android. Namun bisa dipastikan fitur ini akan disertakan dalam update software Android 13, versi besar berikutnya dari sistem operasi selulernya, untuk memulai peluncuran publik ke perangkat non-Pixel. [fdlh/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
google pixel,
#
car crash detection,
#
android,
#
android 13