MENU
icon label
image label
blacklogo

Qualcomm Umumkan Quick Charge 5 dengan Daya Hingga 100 Watt

JUL 29, 2020@08:00 WIB | 166 Views

Qualcomm telah mengumumkan solusi pengisian cepat komersial baru dalam bentuk Quick Charge 5. Perusahaan multi nasional Amerika ini memanfaatkan perkembangan teknologi terbaru dalam sirkuit pengisian. Dengan memanfaatkan standar Power Delivery Programmable Power Supply (PD-PPS), memungkinkan pengiriman daya USB hingga 100W.

Kita telah terbiasa dengan Quick Charge dan berbagai implementasinya selama bertahun-tahun. Pengembang berhasil melakukan inovasi dengan melampaui batas pengiriman daya klasik 5W, sejak 7 tahun yang lalu. Dalam beberapa tahun terakhir, kecepatan pengisian daya terus meningkat, mulai dari 10W di Quick Charge 1.0, ke 18W di 3.0, hingga 27W di pengisi daya bersertifikasi 4.0.

Hari ini untuk Quick Charge 5.0 datang dari Qualcomm, yang sekali lagi mengubah pengisi daya dan arsitektur PMIC untuk dapat melipatgandakan kecepatan pengisian. Dengan evolusi terbaru standar USB PD-PPS, memungkinkan Anda memasok daya hingga daya 100W.

Qualcomm 5.0 quick charge meningkatkan komponennya untuk menghasilkan watt lebih tinggi. Perusahaan mengatakan bahwa desain ini 70% lebih hemat daya daripada quick charge 4.0 dan menghasilkan lebih sedikit panas untuk setiap kecepatan pengisian yang diberikan.

Selama bertahun-tahun, beberapa perusahaan telah mengklaim bahwa mereka dapat membangun pengisian cepat semacam ini, tetapi Qualcomm siap untuk memiliki solusi komersial pertama. Qualcomm mengklaim QC5 bisa lebih dingin hingga 10°C, 70% lebih efisien, dan 4x lebih cepat dari QC4.

Semua ini secara fundamental dicapai dengan mengadopsi teknik konversi yang lebih efisien dan dengan memindahkan beberapa pekerjaan konversi tegangan ke adaptor daya itu sendiri. Umumnya batasan di dalam ponsel adalah pembuangan panas, dengan Qualcomm menggunakan suhu pengisian 40°C. Sebagian besar dari panas ini dihasilkan oleh PMICs di dalam telepon karena baterai sebenarnya tidak menjadi hangat selama pengisian.

Hal menyenangkan dari Qualcomm 5 dan fakta bahwa ini menggunakan PD-PPS sebagai protokol yang mendasarinya. Misalnya untuk baterai 4.500 mAh, Qualcomm memperkirakan pengisian daya dari 0% hingga 50% dalam 5 menit. Ini akan mengisi penuh ponsel Anda hanya dalam 15 menit saja.

Akan tetapi, pengisian daya maksimum 100W hanya bisa dicapai apabila Anda mengisi daya dengan voltase dan kisaran arus yang tepat. Ini kembali lagi ke adaptor yang terbenam dalam perangkat  Anda.

Oleh karenanya, standar pengisian cepat Qualcomm adalah salah satu standar paling populer di dunia. Secara singkat Qualcomm QC5 memungkinkan pengisian baterai ponsel dengan sangat cepat, dengan 4.5 kali lebih cepat dari teknologi Quick Charge lainnya. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
qualcomm,
#
quick charge 5,
#
inovasi teknologi,
#
usb