MENU
icon label
image label
blacklogo

PS 5 Akan Mendukung Transfer Save Data Dari Konsol Lama

JUN 19, 2019@17:50 WIB | 305 Views

Berita menggembirakan bagi gamer pecinta konsol keluaran Sony baru-baru ini terdengar. Kabarnya konsol masa depan besutan Sony, PlayStation 5, akan memungkinkan pemain untuk mentransfer data simpanan permainan dari game PlayStation 4 mereka ke konsol baru tersebut. Secara tradisional, ketika konsol baru tiba, pemain harus membeli versi game baru dan mulai dari awal jika pengembang membuat game untuk kedua sistem konsol. Pencapaian di dalam game yang disimpan tidak dapat ditransfer. Itulah sebabnya banyak gamer yang menunda membeli game terbaru menjelang rilis konsol game baru.

Namun itu akan berubah dengan PS5. Paten terbaru yang diajukan oleh Sony tidak hanya mengisyaratkan kompatibilitas ke belakang, tetapi perusahaan tersebut telah mengkonfirmasi bahwa pemilik PS5 akan dapat memainkan judul PS4 pada sistem baru tersebut. PS5 juga akan meningkatkan kinerja game yang lebih lama, dengan teknologi yang akan mengurangi waktu pemuatan dan membuat game berjalan jauh lebih cepat daripada di PS4.

Luar biasanya, PlayStation 5 akan mengambil konsep kompatibilitas mundur lebih jauh. CNET melaporkan bahwa sistem baru ini juga akan memungkinkan pemain mentransfer simpanan dari game PS4 ke PS5. Hal itu memungkinkan integrasi tanpa batas ke konsol yang lebih baru. Meskipun Sony belum jelas tentang bagaimana teknologi baru ini akan bekerja, itu akan membantu membuat transisi dari PS4 ke PS5 mudah bagi banyak orang yang mungkin sebelumnya ragu membeli sistem baru.

Ini adalah konsep baru untuk PlayStation dan tentu saja bisa berguna dengan waralaba game. Seperti Dragon Age, yang memungkinkan gamer mengimpor permainan yang disimpan sebelumnya ke dalam game baru untuk mengatur cerita untuk judul baru. PS5 rencananya juga akan hadir dengan SSD, serta memberikan dukungan untuk grafis 4K. Sony juga memiliki rencana untuk meningkatkan layanan streaming game PlayStation Now, yang akan mendapat manfaat dari kemitraan yang baru-baru ini diumumkan Sony dengan Microsoft untuk mengerjakan Azure, layanan cloud computing milik Microsoft.

Sejauh ini PS5 telah mengumumkan beberapa spesifikasi dan fitur yang mengesankan, cukup untuk menjadikannya salah satu konsol generasi mendatang yang paling dinanti. Mampu mentransfer simpanan dari PS4 menjadi fitur tambahan lain yang mendorong animo gamer terhadap PS5. Dengan kompatibilitas ke belakang menjadi titik penjualan yang sangat besar, Sony tentunya berharap mereka bisa merasa optimis tentang masa depan platform konsol meskipun adanya kemungkinan persaingan ketat dari layanan streaming game seperti Google Stadia.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
sony,
#
playstation 5,
#
playstation 4